Penyaluran Dana Bantuan Kesra Harus Tepat Sasaran

Mukhtar Anshori, Ketua PKC PMII Provinsi Banten
Mukhtar Anshori, Ketua PKC PMII Provinsi Banten

SPIRIT Reformasi Birokrasi seharusnya dibarengi dengan kerja nyata di lingkungan aparatur Pemerintah Provinsi Banten. Mukhtar Anshori, Ketua PKC PMII Provinsi Banten menyatakan, Pemprov Banten harus lebih insentif sosialisasi ke masyarakat melalui SKPD yang ada di Pemprov Banten. Ia mencontohkan, Biro Kesra Pemprov Banten yang merupakan salah satu SKPD yang berkaitan langsung dengan masyarakat harus melakukan reformasi terkait sejauhmana aparatur pemerintah memberikan pelayanan dalam penyelenggaraan tugas–tugas pemerintahan daerah dan menyiapkan bahan koordinasi perumusan kebijakan penyelenggaraan tugas dan fungsi di bidang pendidikan, keagamaan, fasilitasi penanganan bencana dan adminstrasi sosial.

Dalam melaksanakan tugas pokok tersebut, lanjut Mukhtar, Kepala Biro Kesra harus mampu menyelenggarakan fungsinya seperti memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. “Selanjutnya sumber daya aparatur di  bidang pendidikan, keagamaan, fasilitasi penanganan bencana, pasca bencana, administrasi sosial, dan menyelenggarakan  fungsi  lain yang diberikan oleh Gubernur melalui Assisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat sesuai dengan tugas dan fungsinya,” papar Mukhtar, Jumat (6/11/2015).

Mukhtar melanjutkan, Kepala Biro Kesra juga harus mampu mengendalikan bawahannya dalam rangka mengkoordinasikan program-program yang disusun serta merumuskan juknis dan melakukan pengawasan serta evaluasi terhadap program yang digulirkan. Hal ini dalam rangka spirit membangun dan merealisasikan reformasi birokrasi yang baik di tubuh SKPD tersebut.

Ia menambahkan, program-program yang telah direncanakan oleh Biro Kesra juga harus mendapat pengawasan melekat agar dana bantuan yang diberikan bisa tepat sasaran dan dirasakan langsung oleh masyarakat. Ia mengingatkan, Biro Kesra harus lebih hati-hati dan taat aturan dalam perencanaan, pencairan, dan pelaporan dana bantuan agar tidak terjadi penyimpangan. (Bayu)