Penyelenggara Pemilu Jalani Rapid Tes

0
635 views
Ilustrasi. Foto: Shutterstock

CILEGON – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon sedang melakukan rapid tes kepada seluruh penyelenggara Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Cilegon dari tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinkes Kota Cilegon Dana Sujaksani menjelaskan, rapid tes akan berlangsung dari 26 November hingga 2 Desember mendatang.

Dana menjelaskan sebanyak 7.314 orang PPS dan KPPS yang akan mejalani rapid tes. Pelaksanaan rapid dilakukan di setiap kelurahan sesuai dengan lokasi tempat pemungutan suara (TPS).

“Untuk menscreaning sejumlah itu Dinkes menurukan 135 tim, satu tim terdiri dari dua orang berarti sekira 270 orang,” ujar Dana di ruang kerjanya, Jumat (27/11).

Dinkes telah meminta kepada KPU Kota Cilegon agar mendorong seluruh petugas PPS dan KPPS untuk datang ke kantor kelurahan sesuai waktu yang telah ditetapkan.

“Sudah kita atur, selama tujuh hari, ada satu kelurahan dua hari, ada dua kelurahan digabung satu tempat,” ujarnya.

Pelaksanaan rapid dilakukan hingga 2 Desember mendatang agar KPU Kota Cilegon mempunyai waktu untuk mengganti petugas PPS dan KPPS yang reaktif.

“Pilkada ini harus Pilkada yang sehat, harus menekan sekecil mungkin penularan di tempat pemungutan suara. Bawaslu sudah, sekarang KPU dan perangkat di bawahnya,” tuturnya.

Pada hari pelaksanaan pemungutan suara 9 Desember nanti, Dinkes pun akan mengerahkan personel untuk siaga di TPS serta melakukan pengawasan keliling. (bam)