Penyemprotan Disinfektan, Putus Migrasi Covid-19 ke Desa

Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto foto bersama sebelum melakukan penyemprotan di Desa Ujungtebu, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Serang, Rabu (22/4).

SERANG-Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto melakukan penyemprotan disinfektan di masjid, mushola, dan pesantren di Desa Ujungtebu, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Serang, Rabu (22/4). Penyemprotan dimulai pukul 11.00 WIB dan berakhir pukul 15.30 WIB.

Yandri mengatakan, penyemprotan disinfektan sebagai upaya untuk memberangus Covid-19 menjelang Ramadan sehingga warga tenang dalam melaksanakan ibadah. “Mudah-mudahan penyemprotan bisa meminimalisasi virus,” katanya kepada Radar Banten.

Memutus matarantai Covid-19 harus dilakukan semua pihak. Mulai dari tokoh masyarakat, RT, RW, kelurahan, kecamatan, dan pemerintah daerah. “Memutus matarantai Covid-19 bukan hanya tugas pemerintah, tapi juga masyarakat,” ujarnya.

Yandri meminta agar setiap RT dan RW bisa membuat jadwal untuk memantau pergerakan orang di lingkungan. Misalnya, bila ada warga yang mau keluar harus melapor dulu ke RT atau RW. Begitu juga setelah kembali harus melapor lagi agar didata. “Misalnya, setelah melapor dan diketahui dari daerah zona merah maka harus mengisolasi diri mandiri hingga 14 hari sebagai deteksi dini. Itu harus dikontrol. Sebab kalau tidak dikontrol, maka migrasi virus Covid-19 akan terjadi ke desa,” tegasnya.

Saat warga didata maka warga harus rela dan ikhlas. Tidak boleh egois. Kerja sama dengan aparat pemerintahan dari yang paling bawah, RT harus berjalan. “Kita mohon keikhlasan warga bila memang dipantau oleh RT sesuai dengan standardisasi WHO. Jangan ego, ini semua demi kepentingan bersama bukan kepentingan per individu,” tegas anggota Dewan dapil Banten II (Serang-Cilegon).

Yandri juga meminta agar warga menjaga kebersihan, rajin mencuci tangan, menjaga kesehatan, dan memakai masker bila keluar rumah.
Penyemprotan disinfektan dilakukan di Kp Cibarunai Girang, Kp Cibarunai Masjid, Kp Cibarunai Rancatengah, dan Kp Ujungtebu, Desa Ujungtebu. Kepala Desa Ujungtebu Ojat mengucapkan terima kasih atas penyemprotan ini. “Mudah-mudahan kita semua sehat dan bebas dari Covid-19,” tegasnya. (alt)