Per Hari Ini, Harga Cabai Rawit di Cilegon Turun

CILEGON – Harga cabai rawit di Kota Cilegon mulai turun. Selasa (21/3) merupakan hari pertama harga cabai rawit di Kota Cilegon menurun, setelah berbulan-bulan menjadi sorotan karena harganya yang melambung tinggi.

Kasubag TU pada UPTD Pasar Blok F Kota Cilegon, Siti Rogayah mengungkapkan, harga cabai rawit turun drastis di angka Rp80 ribu per kilogramnya. Sebelumnya bahan pangan berasa pedas ini Rp150 ribu per kilogramnya.

“Setelah kita survei di lapangan, petugas kita mendata ternyata harga cabai rawit baru hari ini mengalami penurunan,” ujarnya.

Rogayah menyebutkan, turunnya harga cabai ditengarai karena pasokan cabai rawit di para pengepul saat ini telah membludak. Berbeda saat harga cabai rawit meroket karena pasokannya yang minim.

“Cabai rawit kan tidak tahan lama, jadi kalau terlalu lama disimpan akan mudah membusuk, sedangkan kalau stoknya banyak dan tidak cepat terjual maka pedagang sendiri akan merugi,” katanya.

Sementara itu, Dadang salah seorang pedagang tahu gejrot yang biasa mangkal di Matahari Lama, Kota Cilegon, menyambut gembira penurunan harga cabai rawit tersebut. “Iya sudah turun. Lumayan kalau begini, jadi untungnya bisa lebih dari saat cabai rawit mahal,” ucapnya. (Riko)