Per Hari ini Seluruh Gardu Tol Layani NonTunai

0
46

PEMBAYARAN nontunai akan berlaku di seluruh gardu tol mulai hari ini, Selasa (31/10).

PT Jasa Marga menyatakan kesiapannya dalam memantau perkembangan di hari pertama pemberlakuan pembayaran nontunai di seluruh gardu tol.

Salah satunya dengan menurunkan sejumlah petugas di lapangan serta mengubah Gardu Tol Hybrid menjadi Gardu Semi Otomatis (GSO).

“Hingga hari ini, 99 persen Gerbang Tol milik Jasa Marga telah menerapkan pembayaran nontunai, dan menjadi 100 persen tepat 31 Oktober,” ujar VP Operations Management PT Jasa Marga, Raddy R Lukman, Senin (30/10), dilansir JPNN.com.

Dia mengimbau agar pengguna jalan tol untuk menyiapkan uang elektronik dengan jumlah saldo yang cukup sebelum memasuki jalan tol.

“Meletakkan uang elektronik tidak jauh dari jangkauan, serta memberikan ciri atau tanda yang khas pada uang elektronik sebagai identitas kepemilikan,” tutur Raddy.

Untuk mendukung kelancaran penerapan 100 persen pembayaran nontunai, Jasa Marga juga memastikan infrastruktur yang laik fungsi serta dukungan petugas di lapangan melalui Standard Operating Procedure (SOP).

“Itu untuk mengantisipasi apabila terjadi kepadatan di gerbang tol yang diakibatkan karena saldo uang elektronik yang habis atau kurang atau uang elektronik yang tidak terbaca, rusak maupun hilang,” kata dia.

Di samping itu, Jasa Marga juga bekerjasama dengan Perbankan terus meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan guna memberikan solusi terhadap permasalahan mesin atau reader. (chi/jpnn)