Peran CR7 Makin Krusial di Juventus

GENOA – Peran Cristiano Ronaldo di Juventus semakin krusial. Bagaimana tidak. Saat CR7 absen pada giornata ke-28 Serie A kontra Genoa tadi malam karena diistirahatkan pasca habis-habisan melawan Atletico Madrid pada leg kedua 16 besar Liga Champions (13/3), Bianconeri keok 0-2. Dua gol kemenangan Genoa dicetak Stefano Sturaro yang merupakan pemain pinjaman Juve pada menit ke-72 dan Goran Pandev (81′).

Kekalahan tersebut adalah yang pertama bagi Juve di Serie A musim ini. Lebih jauh, laga yang dihelat di Stadio Luigi Ferraris itu juga jadi kekalahan away pertama Juve sejak November 2017.

Allenatore Juve Massimiliano Allegri mungkin pede bahwa timnya bakal tetap perkasa tanpa Ronaldo. Sebab, di dua laga sebelumnya tanpa CR7, Juve masih bisa menang. Yakni ketika menang 3-0 atas Young Boys pada matchday kedua fase grup Liga Champions (3/10) dan saat menang 4-1 atas Udinese pada giornata ke-27 (9/3).

”Mustahil selalu menang di tiap laga. Jadi, tidak perlu ada drama karena kekalahan ini,” elak pelatih 51 tahun tersebut seperti dilansir Football Italia.

Ucapan eks pelatih AC Milan itu memang benar dan mungkin saja skuat Juve tidak terlalu kecewa. Kekalahan dari Genoa hampir tidak berpengaruh kepada posisi mereka di klasemen. Mereka sementara tetap unggul 15 poin dari Napoli (75-60), Juve hanya perlu memenangkan 5 dari 10 giornata tersisa.

Kekalahan kemarin juga tidak tepat bila dikatakan karena Juve melakukan rotasi besar-besaran. Tercatat, hanya Mattia Perin, Martin Caceres, dan Daniele Rugani pemain pelapis yang jadi starter. Selain itu, semuanya adalah pilar inti.

Namun, yang kecewa berat adalah sebagian besar tifosi yang sudah telanjur membeli tiket tadi malam. Berdasarkan Corriere della Sera, ada lumayan banyak aduan untuk refund tiket laga tadi malam karena Ronaldo tidak main.                

Lucunya, yang protes bukan hanya Juventini. Melainkan juga tifosi tuan rumah. Tampaknya, mereka ingin melihat penampilan pemilik lima Ballon d’Or itu melanjutkan aksinya pasca mencetak hat-trick ke gawang Atleti. (jpg/RBG)