Perangkat Lingkungan Disinergikan dengan BUMDes, Kelola Sampah Rumah Tangga

MANCAK – Pemerintah Desa Balekambang, Kecamatan Mancak, berencana mensinergikan fungsi badan usaha milik desa (BUMDes) dengan perangkat lingkungan RT 05 RW 01, Kampung Banjarsari, Desa Balekambang. Ini dilakukan untuk mempercantik Kampung Banjarjarsai melalui program bank sampah. Rencana itu menyusul kesiapan warga Kampung Balekambang mengikuti Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019.

“Supaya hasil lombanya maksimal, kita sinergikan dengan program BUMDes,” kata Sekretaris Desa Balekambang Muaz Aryadi kepada Radar Banten di ruang kerjanya, Kamis (15/8). Ia mengatakan, bersama ketua RT 05, ketua RW 01, dan tokoh masyarakat, pihaknya sudah menyosialisasikan Kampung Bersih dan Aman kepada masyarakat agar berbenah dan bergotong royong membersihkan kampung.

Dijelaskan Muaz, program bank sampah sangat dibutuhkan masyarakat. Sebab, selama ini, Kampung Banjarsari belum memiliki tempat pembuangan sampah (TPS). Sampah-sampah organik di bank sampah akan dikelola menjadi pupuk organik, sedangkan sampah non organik dijual kepada pengepul sampah berbahan plastik.

“Memiliki bank sampah memang impian kami sejak dulu. Kebetulan sekarang ada lomba Kampung Bersih dan Aman. Jadi harus kita maksimalkan,” tegas Muaz.

Muaz belum bisa memastikan nilai anggaran yang akan dikucurkan untuk  mendirikan bank sampah ini. Namun, ia memastikan, BUMDes yang akan mengelola bank sampah tersebut sudah berjalan pekan depan.

Muaz juga akan melengkapi empat persyaratan mengikuti lomba Kampung Bersih dan Aman. “Kita baru tahu tentang syarat ini, jadi belum dibentuk,” akunya.

Muaz mengakui, Kampung Banjarsari belum bisa memenuhi keempat persyaratan Kampung Bersih dan Aman. Selain ketersediaan TPS, RW yang menjadi peserta lomba perlombaan yang menargetkan kampung bersih, sehat, dan aman ini harus memiliki kelompok pemuda sadar hukum, kelompok sadar lingkungan, dan sistem keamanan keliling (siskamling) yang berjalan efektif. “Kalau pos ronda banyak. Satu kampung bisa ada lima dan siskamlingnya aktif,” katanya.

Mirdad, warga Kampung Banjarsari, menilai jika kampungnya layak memenangkan Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019. Pasalnya, lingkungan Kampung Banjarsari bersih, asri, dan aman. Mirdan juga menjamin jika tingkat keamanan di kampungnya sangat baik. Selalu ada warga yang berjaga di pos ronda tiap malam.  “Di sini mah udaranya sejuk, banyak pepohonan. Yakin menang (Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019-red),” katanya optimistis. (mg06/don)