Perayaan HUT Kota Serang Sederhana

SERANG – HUT ke 13 Kota Serang akan dirayakan berbeda dari tahun sebelumnya. Situasi pandemi Covid-19 ini membuat peringatan hari jadi Ibukota Provinsi Banten itu dirayakan sederhana.

Kepala Bagian TU Pimpinan dan Protokol Setda Pemkot Serang Budi Martono mengatakan, hanya ada dua rangkaian peringatan HUT ke 13 Kota Serang tahun ini. “Ziarah ke Taman Makam Pahlawan besok (hari ini-red) dan rapat paripurna istimewa pada hari H (Senin-red),” ujar Budi, kemarin.

Ia mengatakan, peringatan HUT Kota Serang tahun ini dilaksanakan sesederhana mungkin mengikuti protokol kesehatan. Selain kegiatan yang dipadatkan, jumlah peserta kegiatan juga sangat dibatasi.

Untuk ziarah ke Taman Makam Pahlawan, ia mengatakan, selain Walikota Serang dan Wakil Walikota Serang, hanya pejabat eselon II yang dapat mengikuti kegiatan tersebut. Begitupun dengan rapat paripurna istimewa yang tidak dihadiri banyak tamu undangan.

Biasanya, lanjut Budi, rangkaian HUT Kota Serang terdiri dari berbagai kegiatan yang melibatkan banyak masyarakat seperti pawai budaya serta Serang Fair. “Tapi tahun ini tidak bisa dilaksanakan,” tuturnya.

Terpisah, Sekretaris DPRD Kota Serang Ma’mun Chudari mengatakan, tamu undangan untuk rapat paripurna hanya dibatasi sebanyak 200 orang selain para Anggota DPRD Kota Serang yang berjumlah 45 orang. Biasanya tamu undangan yang datang ke rapat paripurna istimewa itu mencapai 500 orang.

Selain Walikota dan Wakil Walikota Serang, ia mengatakan, para pejabat eselon II juga diundang untuk hadir pada peringatan HUT ke 13 Kota Serang. “Selain pejabat eselon II, camat dan lurah juga akan diundang,” tuturnya.

Kata dia, Forkompinda Kota Serang, elemen Pembentukan Kota Serang, mantan Pimpinan DPRD Kota Serang, mantan Walikota Serang, Anggota DPRD Banten, dan Anggota DPR RI juga akan diundang. Selain itu, Gubernur Banten Wahidin Halim juga diharapkan hadir pada peringatan HUT ke 13 Ibukota Provinsi Banten ini. “Kami juga mengundang kepala daerah kabupaten/kota lain,” ujar Ma’mun.

Ia mengatakan, prosesi rapat paripurna tetap akan dilakukan sama seperti tahun sebelumnya, seperti ada penampilan kesenian Bandrong dan tarian selamat datang. Namun, di akhir acara akan dilakukan pemotongan tumpeng oleh Walikota Serang Syafrudin yang akan diberikan kepada Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin dan DPRD Kota Serang. “Kami juga akan tampilkan tayangan video ucapan selamat dari beberapa kepala daerah dan masyarakat Kota Serang,” ujarnya.

Selain itu, ada juga pemberian bantuan dari Pemkot Serang untuk para pelaku UMKM yang terdampak Covid-19 serta pemberian penghargaan kepada para ASN. Tak hanya itu, ada juga bazaar pelaku UMKM yang akan dilaksanakan selama satu hari di pelataran parkir gedung DPRD Kota Serang. (nna/nda)