Perbaikan Rumah Rusak Dampak Gempa Ditanggung Pemprov Banten

Bupati Irna Narulita (kiri) berbincang dengan Plt Kepala BPBD Provinsi Banten E Kusmayadi di ruang Garuda Pendopo Kabupaten Pandeglang, Selasa (6/8).

PANDEGLANG – Perbaikan ratusan rumah warga Pandeglang yang mengalami kerusakan akibat gempa bumi beberapa waktu lalu ditanggung Pemprov Banten melalui APBD tahun 2019. 

Kesanggupan pemberian bantuan itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten E Kusmayadi kepada Bupati Irna Narulita di ruang Garuda Pendopo Kabupaten Pandeglang, Selasa (6/8).

Hadir di acara tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Pandeglang Pery Hasanudin, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pandeglang Deni Kurnia, dan Kepala Badan Search and Rescue (Basarnas) Banten Zaenal Arifin.

Menurut Kepala BPBD Provinsi Banten E Kusmayadi, dana tersebut bisa langsung diberikan kepada penerima untuk memperbaiki kerusakan rumah. Dengan catatan, data penerima bantuan telah valid agar tepat sasaran dan tidak menimbulkan persoalan.

“Kami siap menggelontorkan bantuan sosial berbentuk uang tunai untuk para korban bencana gempa bumi di Pandeglang. Bagi warga yang rumahnya rusak ringan akan kami bantu Rp5 juta, sedangkan bagi yang rumahnya rusak sedang dibantu Rp10 juta,” katanya.

Kusmayadi mengatakan, sebelumnya Pemprov Banten akan memberikan bantuan bagi rumah warga yang rusak berat sebesar Rp25 juta. Akan tetapi, kata dia, setelah berkoordinasi dengan semua pihak, bantuan untuk rumah rusak ditanggung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Awalnya untuk rumah rusak berat akan dibantu juga sebesar Rp25 juta. Tetapi ada informasi jika rumah warga yang rusak berat akan dibantu BNPB dengan dibangunkan rumah model Rumah Instan Sehat Sederhana (RISSA),” katanya.

Kusmayadi berharap Pemkab Pandeglang segera melengkapi persyaratan yang dibutuhkan agar bantuan tersebut bisa segera diberikan kepada masyarakat korban gempa. “Untuk realisasi bantuan, saya jamin segera diberikan jika SK (Surat Keputusan-red) tanggap darurat sudah selesai, bantuan ini sudah dapat langsung dicairkan. Jika tadi dikatakan SK nya sudah selesai, silahkan ajukan bisa langsung dicairkan,” katanya.

Di tempat yang sama, Bupati Irna Narulita mengucapkan terima kasih atas bantuan yang akan diberikan tersebut. Terkait SK tanggap darurat, lanjutnya, Pemkab telah membuatnya dan akan segera disampaikan kepada Pemprov Banten.

“Kami akan segera ajukan agar bantuan bisa segera terealisasi untuk warga kami yang tertimpa bencana. Kami ucapkan terima kasih kepada Pemprov Bantuan yang telah digulirkan,” katanya.

Irna mengatakan, berdasarkan hasil pendataan sementara, sebanyak 553 rumah warga Pandeglang di semua wilayah mengalami kerusakan dengan kategori ringan, sedang, dan berat.

“Kerugian belum kita hitung karena kita fokus melakukan pendataan dulu, kita validasi agar tidak bermasalah, setelah selesai langsung kita ajukan permohonan bantuan. Secepatnya kita selesaikan dan kita ajukan,” katanya. (dib/zis)