Perbankan Ajak Nasabah Transaksi Non Tunai

SERANG – Di tengah wabah Corona, sejumlah perbankan mengajak para nasabah untuk menggunakan transaksi non tunai. Saat ini hampir semua perbankan memiliki fitur mobile banking yang mempermudah nasabah dalam bertransaksi.

Pemimpin BNI KC Serang Rahmanto mengatakan, sejak virus corona masuk Indonesia secara otomatis ada peningkatan transaksi non tunai melalui BNI Mobile. Peningkatannya sedikit mungkin terkait kewaspadaan nasabah dibandingkan langsung transaksi lewat kantor jaringan. “BNI Mobile ini sebagai alternatif transaksi,” kata Rahmanto, Senin (23/3).

Imbauan pemerintah kepada warga untuk tetap berada di rumah saja, lanjut dia, mobile banking menjadi pilihan untuk bertransaksi. Nasabah tidak perlu datang ke kantor, transaksi bisa dari rumah melalui gadget. “Nasabah dipermudah dengan layanan ini,” tuturnya.

Branch Manager Bank Panin KCU Serang Muhammad Rony Rochim mengatakan, di tengah wabah corona, Bank Panin memberikan kemudahan bagi nasabah yang ingin bertransaksi lewat Panin Mobile, ATM, BisnetPanin, dan Internet Panin. “Ini semua transaksi non tunai yang bisa dipilih nasabah,” katanya.

Dampak ajakan menggunakan transaksi non tunai, lanjut dia, teriadi peningkatan penggunaan transaksi non tunai. “Tapi datanya yang merekap kantor pusat dan Bank Panin juga mengurangi jam operasional,” katanya.

Ia berharap, nasabah tetap bisa bertransaksi dengan perbankannya walaupun dari rumah dengan menggunakan fasilitas non tunai yang disiapkan sehingga walaupun dalam kondisi sulit seperti ini. “Kami berusaha untuk memberikan solusi yang terbaik bagi nasabah,” harapnya.

Pemimpin Bank bjb KCK Banten Budiatmo Sudradjat mengatakan, Bank bjb berkomitmen meningkatkan kualitas layanan berbasis teknologi, salah satunya melalui bjb Digi. Fitur layanan ini semakin bagus dan semakin mudah digunakan bertransaksi. Nasabah semakin nyaman menggunakan mobile banking ini. “Fiturnya lengkap sehingga kebutuhan nasabah untuk transaksi bisa diakomodir,” katanya.

Menurutnya, ke depan Bank bjb KCK Banten akan memperkenalkan bjb Digi di berbagai mesin ATM agar nasabah bisa mengetahui berbagai layanan yang dihadirkan. (skn/aas)