Perbanyak Tanaman, Warga Koper Fokus Penghijauan

0
80 views

CURUG – Warga Lingkungan Koper, RT 06 RW 02, Kelurahan Sukawana, Kecamatan Curug, fokus membuat lingkungannya menjadi hijau. Saat penilaian Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, April nanti, lingkungan ini ditargetkan sudah banyak tanaman hias dan bunga di dalma pot di setiap pekarangan rumah warga.

Ketika Radar Banten mengunjungi Koper, Minggu (22/3) siang, belasan pemuda dan bapak-bapak baru selesai gotong royong membersihkan got yang mampet. Sekilas, lingkungan yang dihuni oleh 300 jiwa dari 108 kepala keluarga ini tampak gersang.

“Makanya, kami mau fokus ke penghijauan supaya lingkungannya asri,” ungkap Ketua Pemuda Lingkungan Koper Supriyani.

Supriyani menargetkan ada 200 pot tanaman yang menghijaukan setiap pekarangan rumah warga Koper. Bibit itu ada yang dari kebun warga dan ada lagi beli. Untuk potnya, warga diinstruksikan membeli sendiri. “Per rumah minimal membeli lima pot tanaman,” katanya.

Supriyani tidak memberikan persyaratan khusus soal jenis tanaman. Setiap warga Koper, dibebaskan menanam tanaman apa pun. Yang penting bisa menghijaukan lingkungan dan indah.

“Mau tanaman cabe, terong, tomat, apa aja bebas. Yang penting wajib ada tanaman di depan rumah,” jelas Supriyani.

Pot tanaman, lanjut Supriyani, akan mulai diadakan pada pekan depan. Alasannya, pekan ini, warga fokus membersihkan got yang mampet dan membuat gapura. Pekan ini pula, pemuda Koper akan mengaktifkan kembali sistem keamanan lingkungan (siskamling).

“Prosesnya bertahap. Semoga semuanya lancar, baik kekompakannya maupun anggarannya,” ujar Supriyani.

Nahad, salah satu tokoh masyarakat Lingkungan Koper, menambahkan bahwa warga Koper mendukung dan antusias menyambut LRLA Kota Serang 2020. Menurutnya, lomba kebersihan dan keamanan kampung ini mampu membangkitkan semangat gotong royong warga Koper.

“Sebelumnya juga sudah ada kegiatan gotong royong, Jumat bersih. Tapi karena ada lomba, (warga-red) yang datang jadi lebih banyak,” ungkapnya.

Nahad berharap, Koper bisa mendapat hasil maksimal pada LRLA Kota Serang 2020. Ia pun meminta, kekompakan warga menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan tidak hanya muncul saat lomba. Tetapi juga menjadi kebiasaan warga Koper. “Insya Allah, lingkungan Koper juara,” harapnya. (mg06/don)