Percasi Banten Gali Potensi Atlet Catur Junior

Edy Irianto

SERANG – Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Banten memiliki program unggulan guna meregenerasi atlet menuju prestasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2020. Sasaran pembinaan adalah dengan menggali potensi atlet junior untuk dipersiapkan sebagai atlet andalan Percasi Banten ke depan.

Ketua Umum Pengprov Percasi Banten Edy Irianto mengatakan, proses regenerasi atlet harus dilakukan sedini mungkin lantaran menuju tangga juara membutuhkan proses panjang. Pengprov, menurutnya, tidak akan kesulitan dalam proses meregenerasi atlet lantaran Banten memiliki banyak atlet junior potensial.

“Beberapa waktu lalu kami menggelar kejuaraan khusus kategori junior (usia 12 tahun-16 tahun). Di luar dugaan pesertanya membeludak. Awalnya kami kira mereka hanya ambil bagian untuk menimba pengalaman, tapi dugaan itu salah. Semua atlet memiliki kualitas yang mumpuni dan bersaing ketat untuk menjadi juara. Jelas saja situasi ini sangat mengembirakan dan membuat kami harus merancang program khusus pembinaan atlet junior potensial menjadi prestasi,” kata Edy kepada Radar Banten di Sekretariat KONI Banten, Cipocokjaya, Kota Serang, Jumat (7/4).

Edy menambahkan, semua daerah di Banten memiliki atlet catur junior potensial yang bila dibina secara konsisten akan mampu menjadi atlet berprestasi. “Seluruh pengcab (pengurus cabang) juga terus melakukan regenerasi atlet mulai dari usia dini. Sudah seharusnya regenerasi atlet dilakukan secara berjenjang dan berkesinambungan,” imbuh perwira menegah Polda Banten itu.

Untuk memantau perkembangan pembinaan dan kualitas atlet, pengprov akan bersinergi dengan pengcab untuk menggelar lebih banyak lagi kejuaraan atau turnamen. “Melalui kejuaraan, atlet akan teruji. Kejuaraan tidak hanya tingkat Banten, tapi open agar persaingan lebih ketat. Atlet kita bisa menimba banyak ilmu serta pengalaman dari pecatur-pecatur luar daerah. Sejauh ini pecatur junior Banten sudah menunjukkan kualitas nasional. Tapi, itu perlu ditingkatkan terus,” pungkas Edy.

Sementara itu, Ketua Pengcab Percasi Kabupaten Serang Alizar Chan menyatakan, Pengcab Percasi Kabupaten Serang mendukung program pengprov dengan menggelar banyak kejuaraan untuk menggali potensi atlet junior. “Kabupaten Serang memiliki banyak potensi atlet junior. Bahkan beberapa atlet junior kami mampu bersaing dan meraih prestasi di event nasional. Kami juga memiliki program unggulan dengan melakukan pembinaan atlet di sekolah sebagai bentuk regenerasi atlet,” ucapnya. (Andre AP/Radar Banten)