Percepat Pelantikan WH-Andika, Besok DPRD Banten Layangkan Surat Ke Kemendagri

Adde Rosi Khoerunnisa (tengah) berfoto bersama Andika Hazrumy (tengah menggunakan peci dan kacamata), Sekda Banten Ranta Soeharta (samping Andika) di gedung DPRD Banten setelah rapat paripurna istimewa hari ini, Rabu (12/4).

SERANG – Untuk mempercepat pelantikan Wahidin Halim dan Andika Hazrumy sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Banten, besok, Kamis (13/4), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Banten akan melayangkan surat usul pembuatan surat keputusan pengangkatan gubermur dan wakil gubernur Banten ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Besok saya akan minta pak setwan dan bagian hukum berangkat untuk ke Kemendagri. Saya minta segerakan karena hari Jumat nanti kan tanggal merah,” ujar Wakil Ketua DPRD Banten Adde Rosi Khoerunnisa setelah rapat paripurna istimewa tentang Pengumuman Penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten Terpilih di ruang rapag paripurna DPRD Banten, Rabu (12/4).

Politisi Partai Golkar yang akrab disapa Aci tersebut mengaku akan menindak lanjuti paripurna hari ini secepatnya agar proses pelantikan Wahidin Halim dan Andika Hazrumy pun bisa segera dilakukan. “Setelah itu (mengirim surat ke Kemendagri) kita menunggu pelantikan,” ujar perempuan yang juga istri dari Andika Hazrumy tersebut.

Menurut Aci tahapan penetapan hingga pelantikan telang diatur dalam undang-undang sehingga proses dan tahapannya memiliki dasar hukum dan aturan yang jelas.

Secara informal, Aci mengaku sudah berbicara dengan Penjabat Gubernur Banten Nata Irawan untuk bisa mendorong Kemendagri mempercepat proses SK pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten. “Karena beliau (Nata Irawan) masih bagian dalam Kemendagri agar segera dikomunikasikan,” katanya. (Bayu Mulyana / coffeandchococake@gmail.com)