Percepat Penataan Aset Pemerintah Daerah

0
580 views
Ahmad Yani.
Ahmad Yani.

Kejelasan kepemilikan suatu aset mempunyai pengaruh terhadap optimalisasi fungsi aset tersebut. Dengan seperti itu, kejelasan kepemilikan aset pun bisa mempengaruhi hal lain yang berkaitan dengan aset tersebut. Terlebih jika aset tersebut milik pemerintah dan fungsinya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Terkait hal ini, Ahmad Yani, guru salah satu sekolah swasta di Kabupaten Serang mengatakan, persoalan aset pemerintah merupakan persoalan yang memerlukan perhatian serius karena berkaitan dengan sejauh mana manfaat aset tersebut, terlebih jika aset tersebut berkaitan langsung dengan masyarakat.

Beberapa waktu lalu, lanjut Yani, di sejumlah media tersiar kabar puluhan aset yang terdata sebagai milik Pemerintah Provinsi Banten juga terdata sebagai aset milik Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Banten, atau memiliki data ganda.

“Hal seperti ini harus segera disikapi oleh Biro Perlengkapan dan Aset Daerah Provinsi Banten, karena seperti yang saya bilang sebelumnya bisa mempengaruhi fungsi aset tersebut. Misalnya jika aset tersebut masih ganda, untuk perawatan bisa terjadi perselisihan dan selanjutnya dipastikan mempengaruhi fungsi aset tersebut,” kata Yani, Jumat (13/11/2015).

Apalagi menurut Yani terhadap aset yang fungsinya melakukan pelayanan publik. Menurutnya, pengalihan asetnya harus cepat diselesaikan agar tidak berdampak buruk terhadap pelayanan masyarakat. “Yang saya ingat salah satu aset yang fungsinya pelayanan publik, yang masih ganda asetnya yaitu Puskemas Kramatwatu, itu kan berkaitan dengan kesehatan masyarakat, saya rasa Biro Perlengkapan dan Aset harus bergerak cepat,” pungkas Yani. (Bayu)