Perempuan di Antara Obrolan Presiden Jokowi dengan Presiden Rusia

0
553 views

Perempuan di Antara Obrolan Presiden Jokowi dengan Presiden Rusia

SERANG – Pada Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-88 tingkat nasional di halaman Masjid Raya Al-Bantani, Curug, Kota Serang,  Presiden Jokowi Widodo menceritakan pertemuannya beberapa waktu lalu dengan Presiden Rusia  Vladimir Putin. Ssalah satu yang dibicarakan oleh dirinya dengan Presiden Putin yaitu sosok perempuan di kabinet pemerintahannya.

“Waktu penandatanganan MoU di Rusia,  saat itu Presiden Putin bertanya pada saya. Presden Putin berbisik,  Presiden Jokowi,  kenapa menterinya banyak perempuan. Saya jawab, karena saya cinta perempuan,” ujar Presiden Jokowi yang langsung disambut tawa tamu undangan pada peringatan Hari Ibu, Kamis (22/12).

Jokowi menjelaskan alasannya menempatkan banyak wanita di kabinetnya.  Menurutnya, ada tiga hal yang dimiliki wanita dan sangat penting dalam mengemban amanah sebagai menteri.

“Perempuan tidak pernah mengeluh.  Itu yang saya alami.  Itu pendapat saya. Saya bilang ke Presiden Putin, saya memilih menteri perempuan karena jeli, teliti, dan tidak pernah mengeluh,” pungkasnya.

Jokowi menjelaskan,  di dunia, Indonesia merupakan negara  yang menempatkan perempuan sebagai menteri terbanyak dengan komposisi sembilan menteri. Selain itu,  kepala daerah perempuan pun menurutnya cukup banyak dengan jumlah 77 kepala daerah.

Presiden Jokowi sendiri menilai perempuan dan ibu mempunyai peran besar agar masyarakat Indonesia mencapai potensi terbesarnya. “Jangan lagi ada diskriminasi gender pada perempuan,” pungkasnya.  (Bayu)