Perempuan Tani HKTI Salurkan Sembako ke Petani Terdampak Covid-19

0
3.782 views
Penyaluran bantuan dari Perempuan Tani HKTI di Kampung Cileweung, Ciomas, Kabupaten Serang.

JAkARTA- Perempuan Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (Perempuan Tani HKTI) menyalurkan bantuan sosial berupa paket sembako bagi masyarakat yang kesulitan ekonomi selama pandemi virus corona (Covid-19) di Indonesia.

Ribuan peket sembako serentak dibagikan di tujuh provinsi yakni, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kepulauan Riau, Sulawesi Tenggara dan DKI Jakarta menjelang Lebaran, Kamis, 21/5).

Ketua Umum DPN Perempuan Tani HKTI Dian Novita Susanto mengatakan, program pembagian paket sembako ini sebagai wujud kepedulian organisasi yang ia pimpin terhadap petani.

“Program ini bertujuan untuk membantu masyarakat khususnya petani yang terkena dampak Covid-19,” kata Dian dikutip dari siaran pers.

Paket sembako berisi beras 5 kg, telur dan sayur-mayur. Perempuan Tani HKTI menyertakan sayur-mayur dalam paket sembako guna membantu petani yang hasil panennya tidak terserap pasar. Sayur-mayur tersebut dibeli langsung dari para petani.

“Karena kita banyak dapat informasi bahwa panennya petani tidak terserap dengan baik, makanya kita bantu beli” jelasnya.

Dian berharap dengan sedikit bantuan bisa mengurangi beban para petani ditengah kesulitan ekonomi yang mereka hadapi.

Bantuan ini bersumber dari kerjasama Permpuan Tani HKTI dengan PT PKHI (Perkasa Krida Hasta Indonesia), PT Pelindo I dan IV. Nantinya paket sembako akan disalurkan oleh pengurus Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) PT HKTI.

Untuk di Banten, DPP PT HKTI Provinsi Banten menyalurkan bantuan kepada warga terdampak Covid-19 di Kampung Muncul Jaya, Kelurahan Cipocok Jaya, Kampung Karundang Lor, Kelurahan Karundang, Kecamatan Cipocok Jaya di Kota Serang, Kampung Cileweung, Kecamatan Ciomas, dan Padarincang di Kabupaten Serang.

Ketua DPP PT HKTI Provinsi Banten Lindra Octora menuturkan, pada ratusan paket bantuan yang diberikan di Banten terdampat tempe dan sayuran. “Tempe kami beli dari produsennya langsung sebagai bentuk dukungan terhadap perekonomian atau usaha rakyat. Begitu pula sayuran, kami beli dari petani langsung. Jadi dari petani untuk petani,” ungkap Lindra.

Ia berharap bantuan yang disalurkan oleh PT HKTI dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi bagi masyarakat, khususnya bagi yang terdampak Covid-19. (aas)