Perfect! Semua RT di RW 02 Siap Dinilai

0
377 views

CIKEUSAL – Sempurna, kesan Radar Banten saat mengunjungi RW 02, Kampung Cikasap, Desa Sukarame, Kecamatan Cikeusal, Sabtu (28/11) lalu. Perkampungan ini sudah siap dinilai. Siap berkompetisi di Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020.

Lingkungan RW dengan tiga RT ini, RT 03, RT 04 dan RT 011, telah berbenah. Telah bersolek. Semua sudut kampung ini siap untuk dinilai oleh juri pada penilaian tahap dua, dimulai Senin (30/11) hari ini.

Bukan hanya soal kebersihan lingkungannya. Terkait keamanan dan penataan lingkungan RW 02 terlihat menjadi perhatian warganya. 

Kepala Desa Sukarame Yaya Sunarya menyatakan bahwa penataan lingkungan RW 02 telah dirampungkan oleh warganya pada H-1 penilaian tahap kedua LKBA. “Sekarang warga RW 02 punya taman,” katanya kepada Radar Banten.

Taman yang dibuat warga, jelas Yaya, berkonsep warna-warni. Di taman ini, ada spot foto dan bangku untuk bersantai, bahkan ada kolam renangnya. Taman ini telah menjadi tempat rekreasi bagi anak-anak.

“Taman ini lokasinya di RT 04,” ujar Yaya.

Di RT 03, lanjut Yaya, difokuskan menjadi lingkungan hijau. Warga RW 02 melakukan penghijauan dengan menanam berbagai jenis tanaman hias. Warga juga membuat patung petani dan kerbau sebagai lambang karakteriatik warga Kampung Cikasap yang mayoritas adalah petani.

“Kalau di RT 11 hanya fokus kebersihan, pemagaran, dan penghijauan,” ungkap Yaya.

Ketua RW 02 Sair menambahkan bahwa semangat dan kekompakan warganya saat menata kampung makin besar setelah tim juri datang melakukan penilaian tahap pertama. “Siang dan malam (warga-red) ngebut bikin taman,” terangnya.

Sair pun optimistis, RW 02 bisa meraih juara LKBA. Soalnya, ia mengklaim, hampir seluruh kriteria penilaian lomba sudah terpenuhi. “SK (Surat Keputusan pembentukan kelompok sadar lingkungan dan kelompok sadar hukum-red) sudah ada. Pokoknya masukan dari tim juri sudah terpenuhi,” pungkasnya. (mg06/don)