Perhatian! Mulai Pekan Depan Gedung Setda Kota Serang Bebas Rokok

Asisten Daerah (Asda) III Kota Serang Syamsuri Dahlan
Asisten Daerah (Asda) III Kota Serang Syamsuri Dahlan

SERANG – Seiring dengan penetapan Peraturan Daerah (Perda) Kawasan Tanpa Rokok (KTR) yang ditetapkan akhir 2015 lalu, mulai pekan depan gedung Sekretariat Daerah (Setda) Kota Serang bebas rokok. Untuk memfasilitasi para perokok, pemkot akan menyiapkan area khusus merokok.

Asisten Daerah (Asda) III Kota Serang Syamsuri Dahlan mengatakan, aturan tersebut diberlakukan kepada siapa pun. Tidak hanya tamu yang berkunjung, tetapi juga diberlakukan untuk pejabat yang mengisi ruangan tersebut.

“Mulai Senin depan, di sini (lingkungan setda) sudah tidak boleh merokok. Imbauan ini akan disampaikan pada saat apel pagi kepada seluruh pegawai yang berada di Puspemkot (Pusat Pemerintahan Kota) Serang,” kata Syamsuri saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (28/1/2016).

Syamsuri menjelaskan, selain sudah ditetapkan Perda KTR, larangan ini upaya untuk melindungi kesehatan perokok pasif (orang yang tidak merokok) karena memang rentan menerima dampak dari asap rokok.

“Nah asbak-asbak yang ada di dalam gedung, sudah dipindahkan ke luar. Kalau diperkirakan dari 10 orang pegawai paling hanya dua yang merokok. Selain itu asap yang ditimbulkan oleh rokok dapat cepat merusak Air Conditioner (AC) ,” jelasnya.

Syamsuri menambahkan, bila peraturan ini sudah mulai diberlakukan, pihaknya akan menyediakan area khusus merokok. Sebelum ada, bagi pegawai dan tamu masih boleh merokok asalkan tidak di ruangan Setda.

“Ini baru diberlakukan di gedung setda, sedangkan di gedung yang lainnya akan menyusul,” tandasnya. (Fauzan Dardiri)