Kasi Kesehetan Hewan DPKPP Kabupaten Serang Hindarti

SERANG – Jelang hari raya idul adha permintaan hewan qurban seperti kambing, sapi, dan kerbau selalu tinggi. Permintaan tersebut tak lain untuk keperluan qurban yang biasa dilakukan oleh umat Islam pada hari raya idul adha nanti.

Sebelum membeli hewan untuk berqurban nanti, Dinas Pertanian, Kehutanan, Perkebunan, dan Peternakan (DPKPP) Kabupaten Serang melalui Kasi Kesehetan Hewan memberikan sejumlah saran.

Kasi Kesehetan Hewan DPKPP Kabupaten Serang Hindarti mengatakan, pihaknya menyarankan pada masyarakat yang ingin membeli hewan qurban untuk memastikan kesehatan hewan tersebut. Untuk mengetahuinya, masyarakat bisa melakukan beberapa cara.

Pertama, lihat nafsu makan hewan tersebut. Bila kurang bernafsu, kemudian selalu tidur artinya hewan tersebut akan sakit.”Kondisi fisik hewan yang sehat itu bulu mengkilat, tidak kusam, matanya bersih bersinar,” paparnya kepada Radar Banten Online di ruanga kerjanya, Senin (14/8).

Dikatakan Hindarti, untuk memastikan kesehatan hewan qurban pada hari raya idul adha tahun ini, pihaknya pun menyiapkan obat-obatan untuk keperluan hewan-hewan tersebut seperti kapsul vitamin. Selain itu, pihaknya pun menyiapkan surat jalan untuk peternakan.

“Minggu depan pas jalan, kami periksa. Nanti kami tempeli stiker yang sudah diperiksa. Kemudian kalau sakit mata, kami kasih obatnya,” terangnya.

Nur Agis Aulia, pedagang hewan qurban asal Waringin Kurung, Kabupaten Serang mengatakan, geliat pasar hewan qurban tahun ini cukup bagus, hampir seperti tahun sebelumnya, para calon konsumen sudah berebut memesan hewan qurban.

“Untuk daerah Serang pemesan sedangkan dominan domba. Sedangkan sapi Madura mulai digemari banyak konsumen,” papar Agis. (Anton Sutompul/antonsutompul1504@gma.com).