Peringati Hari Ulang Tahun, Persit Kartika Chandra Kirana Gelar Donor Darah

LEBAK – Persatuan Istri Prajurit (Persit) Kartika Chandra Kirana Kodim 0603/Lebak menggelar bakti sosial berupa donor darah di Aula Markas Kodim 0603/Lebak, Jumat (2/3).

Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Persit Kartika Chandra Kirana yang jatuh pada tanggal 1 Maret kemarin.

Dandim/0603 Lebak Letkol Arh Syafa Susanto mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana di hari ulang tahunnya.

“Kami mendapat instruksi dari pusat untuk mengadakan acara donor darah, yang dilakukan secara serentak di Indonesia di hari Jumat ini,” katanya saat diwawancarai awak media di Aula Kodim 0603/Lebak, Jumat (2/3).

Selain itu, kegiatan ini untuk membantu ketersediaan stok darah di PMI Lebak guna membantu penderita ataupun pasien di rumah sakit yang sedang membutuhkan, dan yang nantinya darah ini akan disalurkan ke rumah sakit atau masyarakat yang sedang membutuhkan.

“Ya, kegiatan kita lakukan bekerjasama dengan PMI dan Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak dalam melakukan pengecekan kesehatan sebelum menjalani donor darah,” tuturnya.

Dandim menambahkan, jumlah pendonor dalam kegiatan ini ditargetkan 150 orang, namun yang datang baru 120 orang. Pendonor tersebut berasal dari anggota Kodim 0603/Lebak, Satpol PP, Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-POLRI (FKPPI), Polres Lebak, Dodiklatpur Rindam III Siliwangi dan anggota Persit sendiri.

“Dari 120 orang yang datang, hanya 80 orang saja yang memenuhi syarat untuk melakukan donor darah. Sisanya dikarenakan tensi yang tinggi atau rendah dan lainnya,” ujarnya.

“Ke depannya kodim berharap dapat melakukan kegiatan bakti sosial lainnya, sehingga dapat memberikan dan membantu masyarakat yang membutuhkan,” tutupnya. (Omat/twokhe@gmail.com)