Peringati HPN, PLN Sapa Pelanggan dan Launching Kampung Listrik

0
724 views
General Manager PLN UID Banten Paranai Suhasfan (kanan) saat menyapa para pelanggan melalui webinar dalam rangka Hari Pelanggan Nasional (HPN) 2020, Jumat (4/9). Dalam webinar itu, PLN mendengarkan keluhan dan tanggapan pelanggan.

TANGERANG – Hari Pelanggan Nasional (HPN) yang diperingati setiap 4 September tahun ini dirayakan berbeda dengan tahun sebelumnya. Kali ini, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Banten melaksanakan webinar secara virtual dengan para pelanggannya.

Webinar dengan tema “Sapa Pelanggan, Tingkatkan Pelayanan” ini untuk mendengarkan langsung keluhan pelanggan sekaligus apresiasi PLN UID Banten kepada pelanggan yang kendati di tengah pandemi Covid-19 tetap bertumbuh di tengah tantangan.

General Manager PLN UID Banten Paranai Suhasfan mengatakan,kebijakan PLN di masa pandemi Covid-19 untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. “PLN berkomitmen menjalankan amanah pemerintah untuk berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi khususnya pada situasi pandemi saat ini. Kebijakan itu salah satunya program stimulus dan diskon dari PLN”, ungkap Paranai saat menyampaikan materi webinar.

Selain itu turut hadir pula Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Banten Dedy Irsan yang berdiskusi langsung dan menyampaikan masukan bagi pelayanan PLN UID Banten ke depan. “Saat ini Ombudsman menilai pelayanan PLN sudah cukup baik karena pengaduan sudah terselesaikan dengan baik. Ini merupakan tantangan PLN UID Banten ke depan untuk terus meningkatkan pelayanan publiknya”, pesan Dedy Irsan.

Webinar diikuti oleh pelanggan di Provinsi Banten dan disiarkan secara live streaming di akun media sosial PLN UID Banten.

Semarak perayaan HPN juga diikuti serentak oleh Unit Pelaksana dan Unit Layanan di lingkungan PLN UID Banten. Kegiatan dilaksanakan beragam mulai dari sapa pelanggan potensial, pemberian apresi, hingga lomba swafoto di loket PLN.

Tak hanya itu, PLN UID Banten juga me-launching Kampung Listrik PLN Green di Kampung Hijau Kemuning, Kabupaten Tangerang, yang dilaksanakan secara virtual. Dirut PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini menandatangani prasasti sekaligus simbolis launching Kampung Hijau Kemuning sebagai Kampung Listrik binaan PLN.

“Ini seiring dengan electrifying lifestyle di mana kita sudah saatnya beranjak ke listrik, dimulai salah satunya dengan penggunaan kompor induksi. Karena ini sejalan dengan semangat transformasi PLN yakni Green, dimana PLN mendukung energi bersih yang ramah lingkungan”, ungkap Zulkifli Zaini.

Di HPN ini juga, PLN memberikan keringanan Biaya Penyambungan (BP) Tambah Daya sebesar 75% untuk memberdayakan dan menumbuhkan kegiatan ekonomi bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menegah (IKM) dengan mengeluarkan Program “Super Merdeka UMKM / IKM”. Layanan ini berlaku sejak 4 September 2020 hingga 3 Oktober 2020.

Program ini memberikan keringanan bagi pelanggan golongan tarif bisnis dan Industri tegangan rendah mulai dari daya 450 VA sampai dengan daya 13.200 VA dengan pilihan daya akhir sampai dengan daya 16.500 VA.

“Ini sebagai wujud PLN hadir ditengah masyarakat, terutama bagi pelaku UMKM dan IKM. Hal ini dilakukan untuk memberikan keringanan biaya tambah daya yang SUPER ekonomis demi membantu dalam meningkatkan produktivitas UMKM dan IKM ditengah pandemi,” ungkap Direktur Niaga dan Pelayanan Pelanggan Bob Saril di lokasi terpisah. (alt)