Perjuangan Melamar Pekerjaan

Petugas kepolisian mengevakuasi salah saru pencari kerja yang pingsan.

Job Fair 2019 Kota Serang resmi dibuka langsung oleh Walikota Serang Syafrudin, Selasa (23/7) pagi. Acara yang berlangsung selama dua hari hingga (24/7) itu, kontan diserbu para pencari kerja (pencaker). Pasalnya, jauh hari panitia mengadakan pengumuman berupa baliho dan media sosial tentang kegiatan Job Fair.

Para pencari kerja mengantre saat akan memasuki pintu masuk area Job Fair 2019 Kota Serang.

Pagi hari, sebelum acara resmi dibuka, para pencaker sudah memadati Alun-alun Barat Kota Serang, tempat Job Fair berlangsung. Mereka datang dari berbagai daerah, Kota Serang, Pandeglang dan juga Kabupaten Serang, untuk melamar pekerjaan.

Pencari kerja mengisi formulir pendaftaran pekerjaan.

Setelah menempuh jarak yang cukup jauh, perjuangan mereka juga masih berlanjut. Setelah tiba di lokasi, para pencaker harus menunggu, belum lagi, jika tidak kebagian tempat kerena penuh, mereka harus rela disengat panas.

Para pencari kerja berdesak-desakan dan saling dorong saat akan memasuki pintu masuk area Job Fair 2019.

Selanjutnya, perjuangan mereka semakin berat. Selain melawan terik matahari yang lumayan menyengat menjelang siang, mereka harus berdesak-desakan demi memasuki area Job Fair untuk menyerahkan berkas yang sudah disiapkan. Saling sorak karena dianggap menyerobot antrean, saling dorong-dorong dan terhimpit di antara pencaker lain mewarnai langkah mereka mencapai pintu masuk.

Para pencari kerja berdesak-desakan dan saling dorong saat akan memasuki pintu masuk area Job Fair 2019.

Akibatnya, beberapa pencaker ada yang jatuh akibat didorong dari belakang juga ada yang pingsan karena tidak kuat tersengat panas dan terhimpit.

Sejumlah para pencari kerja terjatuh ketika mengantre berdesak-desakan dan saling dorong.

NASKAH DAN FOTO/AZHAR ABDULLAH QODRAT