Perkuat Kolaborasi dengan Media, Kapolda dan Danrem Sambangi Radar Banten

Kapolda Banten Irjen Pol Fiandar didampingi Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi bersiap foto bersama dengan Direktur Radar Banten dan Banten TV Mashudi, Pemred Radar Banten Delfion Saputra, dan jajaran redaksi Radar Banten Group saat berkunjung di Graha Pena Radar Banten, Kota Serang.

SERANG – Kapolda Banten Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Fiandar dan Komandan Korem (Danrem) 064/MY Kolonel Czi Gumuruh Winardjatmiko menyambangi kantor Radar Banten di Jalan Kolonel Tubagus Suwandi, Kelurahan Lontarbaru, Kecamatan Serang, Kota Serang, Jumat (15/5). Kedatangan dua pejabat baru tersebut untuk memperkuat kolaborasi dengan media.

Kapolda Banten Irjen Pol Fiandar tiba lebih dulu. Jenderal polisi bintang dua tersebut menyambangi gedung Graha Pena pukul 10.45 WIB. Mantan gubernur Akpol Lemdiklat Polri datang didampingi Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi Priadinata, Wadir Binmas Polda Banten AKBP Zaenudin dan Kasubdit Penmas Polda Banten Kompol P Winoto.

Kedatangan rombongan Kapolda disambut Direktur Radar Banten dan Banten TV Mashudi, Pemred Radar Banten Delfion Saputra, Redpel Radar Banten Aditya Ramadan, Direktur Banten Raya Taufik Rohman, GM Tangerang Ekspres Rudi Susanto, Pemred Banten Raya Fikri, dan jajaran redaksi Radar Banten dan Banten TV.

Kapolda mengatakan kedatangannya dalam rangka menjalin tali silaturahmi sekaligus memperkenalkan diri sebagai pejabat baru. “Saya ingin berkolaborasi dengan pers, apa pun bentuknya baik mainstream, elektronik, online dan cetak karena itu semua adalah mitra polisi,” kata Fiandar.

Menurut Fiandar, cara kerja wartawan sama dengan penyidik. Wartawan melakukan investigasi dalam hal pemberitaan. Bahkan wartawan kata dia lebih cepat mendapat informasi dibandingkan Polri. “Kemampuan wartawan itu kita minta informasinya (untuk Polri-red),” kata Fiandar.

Dikatakan Fiandar, kerja sama antara Polda Banten dan media sudah berjalan baik. Sampai saat ini tidak ada gesekan antara polisi dan media di Banten. Jika pun ada persoalan tersebut dapat diselesaikan dengan cepat. “Saya dengar dari Kabid Humas kerja sama dengan Polda sangat bagus. Mudah-mudahan hubungan ini kita tingkatkan,” kata pria asal Bandung, Jawa Barat tersebut.

Sebagai bentuk dukungan terhadap pekerja pers, Fiandar meminta kepada jajarannya tidak alergi terhadap media. “Kalau ada pejabat yang sulit (dikonfirmasi-red), koordinasi ke atasnya. Kalau kasatnya enggak bisa, ke kapolres, kapolresnya sulit diajak ngomong ke Kabid Humas, nanti kalau susah juga ke saya. Nanti saya ingatkan,” kata alumnus Akpol 1987 tersebut.    

Dalam penyelesaian sengketa pers, Fiandar mendukung ditempuh melalui hak jawab atau Dewan Pers. Langkah pemidanaan dianggap kurang tepat mengingat sudah ada MoU antara Dewan Pers dan Polri. “Saya penginnya jangan terlalu mudah  untuk proses laporan dengan delik pers. Ajak bicara dulu, kalau ranahnya Dewan Pers kita serahkan ke sana. Para kepala kesatuan harus paham betul ini, jangan main periksa karena ada UU Pers,” ucap Fiandar.

Mantan Wakapolda Kepulauan Riau tersebut juga mendukung penuh program Kampung Bersih dan Aman serta Kampung Resik lan Aman yang digagas bersama Radar Banten, Polda Banten, Korem 064/MY dan Pemerintah Daerah.  “Polri, Pemda sangat terbantu (program tersebut-red) kalau perlu ditambah lagi kegiatan lain, saya akan mendukung,” kata Fiandar.

Direktur Radar Banten dan Banten TV Mashudi lantas mengingatkan satu program lagi yang dijalankan antara Polda Banten, Korem 064/MY dan Radar Banten. Program tersebut adalah Sepeda Jelajah Wisata Banten (Sejabat) yang kini telah memasuki seri ke-10. Namun kegiatan tersebut tertunda karena pandemi Covid-19. “Apalagi sepeda tentu saya akan dukung karena saya suka bersepeda,” kata Fiandar menimpali.

Danrem 064/MY Kolonel Czi Gumuruh Winardjatmiko didampingi Kapenrem Mayor Uung Nugraha berdialog dengan Direktur Radar Banten dan BantenTV Mashudi dan jajaran redaksi di Gedung Graha Pena Radar Banten, Jumat (15/5) sekira pukul 16.15 WIB.

Sementara pukul 16.15 WIB giliran Danrem  064/MY Kolonel Czi Gumuruh Winardjatmiko tiba di Graha Pena Radar Banten. Ia didampingi Kapenrem Mayor Uung Nugraha, Pasiter Mayor Arm Kasudiono, Pasi Intel Kapten Inf Darwono dan Dantim Intel Kapten Inf Wardoyo.

Danrem mengatakan, kedatanganya ke kantor Graha Pena bersilaturahmi sekaligus berkenalan sebagai pejabat baru. Gumuruh ingin diterima dengan baik dan dianggap sebagai saudara. “Saya ingin diterima secara ikhlas dan disambut sebagai saudara,” ujar Gumuruh.

Gumuruh menilai peran media penting dalam hal penyebaran informasi kepada masyarakat. Oleh karena itu TNI membutuhkan media sebagai mitra kolaborasi. “Mudah-mudah terajut lebih erat lagi (hubungan dengan media-red), apa pun tugas di lapangan dapat dilaksanakan dengan baik,” kata Gumuruh.

Terkait program yang dikerjakan bersama dengan Radar Banten dan instansi terkait lainnya, Gumuruh mengaku akan mendukung. Program Kampung Bersih dan Aman, Kampung Resik lan Aman dan Sejabat dinilai sebagai program yang positif. “Apa yang disampaikan tadi tinggal dilanjutkan mudah-mudahan berkelanjutan,” ucap Gumuruh.

Sementara itu, Direktur Radar Banten dan Banten TV Mashudi mengatakan suatu kebanggaan bagi Radar Banten Group dikunjungi Kapolda dan Danrem 064/MY. Ia mengatakan kerja sama antara Polda Banten dan Korem 064/MY bukan hanya soal pemberitaan saja. Ada beberapa program yang dilaksanakan bersama Polda, Korem 064/MY dan pemda. ”Kita juga mengucapkan terima kasih kepada Polda Banten dan Korem 064/MY karena kerja sama kita bukan hanya pemberitaan saja tapi sudah lebih jauh, kita sudah punya agenda jangka panjang seperti Lomba Kampung Bersih dan Aman,” kata Mashudi.  (mg05/alt)