Perkuat Lini Skutik, AHM Luncurkan Honda Genio

Honda Genio. Foto: Dok. PT AHM

JAKARTA – Astra Honda Motor (AHM) kembali menambah line-up produk skutiknya dengan merilis produk baru Honda Genio, Jumat (21/6). Honda menargetkan Genio mampu terjual sekitar 500 ribu unit dalam satu tahun. Dengan begitu, AHM bakal mengukuhkan market share sekitar 80 persen dari total pasar skutik di Indonesia.

Direktur Marketing PT Astra Honda Motor Thomas Wijaya menyampaikan, pasar skutik entry level atau pemula yang menjadi sasaran Genio sangat penting. Produk di segmen itu digemari berbagai kalangan, khususnya anak muda. ’’Sejak 2014 hingga 2018 penjualan skutik entry level selalu di atas 2 juta unit per tahun. Peluang inilah yang ingin diambil Honda Genio,’’ ujar Thomas.

Executive Vice President Director AHM Johannes Loman mengungkapkan bahwa perusahaan tidak khawatir potensi Genio akan menyita pasar Scoopy. Penjualan Scoopy selama ini 70–80 ribu unit per bulan atau masih lebih besar dibandingkan target penjualan Genio.

Loman berpendapat, segmen skutik 110 cc masih luas. Pasar saat ini dikatakan membutuhkan lebih banyak produk yang mengakomodasi kebutuhan konsumen. ’’Skutik itu sangat besar segmennya. Di pasar skutik 110 cc, ada beberapa segmen yang kami masuki,’’ katanya.

President Director AHM Toshiyuki Inuma menambahkan bahwa Honda Genio dikembangkan sebagai produk skutik fashionable yang memiliki best value secara menyeluruh. ’’Ada tiga konsep yang membuat Honda Genio berbeda,’’ kata Inuma. Selain menonjolkan sisi desain, Honda Genio dibekali generasi terbaru mesin eSP (enhanced smart power) 110 cc SOHC dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI. (jpg)