Permainan Bola Sundul di Tangerang Pecahkan Rekor MURI

TIGARAKSA- Kabupaten Tangerang kembali menorehkan tinta emas dalam kancah olahraga nasional. Bagaimana tidak, kabupaten yang dijuluki kota seribu industri ini baru saja mendapatkan rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) dalam ajang permainan bola sundul terbanyak se-Indonesia. Selasa, (21/11).

Rekor ini ditandai oleh permainan bola sundul serentak oleh 4.000 pelajar se Kabupaten Tangerang di 500 lapangan. Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Kadisporabudpar) Achmad Taufik mengatakan, rekor ini memberikan efek positif bagi olahraga asli Tangerang itu untuk semakin populer di masyarakat. ”Saat ini kita mendorong agar olahraga ini bisa dipertandingkan di ajang PON dan even olahraga nasional lainnya,” ujarnya.

Bupati A Zaki Iskandar menungkapkan, lewat rekor ini, bola sundul mampu mendapatkan tempat di mata nasional dan go internasional.

”Sejak tahun 1996 olahraga ini ada dan sudah resmi terdaftar di Kementerian Olahraga, kita akan terus berupaya agar olahraga ini semakin diakui lagi dan lebih populer,” jelasnya.

Manager MURI Andre Purwandono mengatakan ini rekor ini sesuatu yang luar biasa. Dikatakannya, hingga kini belum ada kabupaten/kota yang melakukan rekor olahraga khas dari daerahnya sendiri.

”Insya Allah, sertifikat MURI akan diberikan Rabu (29/11) depan, sekarang kita lakukan verifikasi terlebih dahulu,” tandasnya. (Togar/RBG)