Permintaan Tinggi, UTD PMI Kabupaten Serang Tak Kekurangan Stok Darah

SERANG – Walaupun banyaknya permintaan yang dilayani oleh Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Serang, jumlah stok kantong darah yang tersedia tergolong masih cukup hingga saat ini. Hal tersebut terlihat, hingga hari ini masih tersedia sejumlah 479 kantong yang terdiri dari 68 kantong golongan A, 230 kantong golongan BB, 148 kantong golongan O dan 33 kantong golongan AB.

Teknisi Transfusi Darah UTD PMI Kabupaten Serang, Yuli mengatakan, ketersediaan kantong darah yang terdapat di UTD PMI Kabupaten Serang sejak awal tahun 2017 lalu, dinilai masih belum mengalami kekurangan, hal tersebut dikarenakan banyaknya pendonor tunggal maupun pendonor yang dikolektifkan dari suatu perusahaan.

“Biasanya yang mendonor itu mahasiswa, masyarakat umum bahkan beberapa perusahaan yang melakukan acara sosialisasi donor darah. Sedangkan untuk stok darah itu bisa berubah setiap harinya. Bahkan dari pagi sampai jam 12 siang kadang juga berubah, sesuai permintaan,” katanya saat ditemui di UTD PMI Kabupaten Serang, Senin (6/3).

Masih kata Yuli, setiap harinya UTD PMI Kabupaten Serang melayani kebutuhan darah sebanyak 50 kantong yang dilayani langsung di loket UTD PMI Kabupaten Serang.

“Kita layani masyarakat yang dapat dari rujukan rumah sakit,” ujarnya.

Menurutnya, permintaan cukup tinggi terjadi biasanya pada waktu bulan Ramadhan dan awal tahun. “Biasanya kalau bulan puasa itu sama awal tahun permintaan banyak, mungkin karena angka kecelakaan lalu lintas juga bertambah,” katanya. (Wirda)