Persaudaraan Alumni 212 Siap Deklarasi, Ribuan Orang Bakal Hadir

Panitia mengecek persiapan deklarasi Persaudaraan Alumni 212 di Alun-alun Cilegon, Jumat (6/7).

CILEGON – Persaudaraan Alumni 212 Kota Cilegon akan menggelar deklarasi di Alun-alun Kota Cilegon, Minggu (8/7). Diperkirakan sekira 5.000 orang akan menghadiri acara deklarasi sekaligus tablig akbar tersebut.

Ketua Persaudaraan Alumni 212 Kota Cilegon Malim Hander Jhoni menjelaskan, kegiatan ini rencananya akan dihadiri oleh Ketua Umum Persaudaraan Alumni 212 Slamet Maarif. Selain itu ada pula Habib Umar Muthohar, Plt Walikota Cilegon Edi Ariadi, sejumlah pemangku kebijakan, tokoh agama, serta tokoh masyarakat.

Jhoni menuturkan, acara yang dimulai dengan salat Subuh berjamaah itu bertujuan untuk  menyatukan elemen agama dan masyarakat Kota Cilegon. Oleh karena itu, menurutnya, agenda itu terbuka untuk umum masyarakat di Kota Cilegon. “Kita enggak bawa partai, kelompok. Misinya seperti itu, untuk mempersatukan semua kalangan meski kita ada perbedaan. Kita tidak perlu bersitegang,” ujar Jhoni kepada Radar Banten, Jumat (6/7).

Persaudaraan Alumni 212 Kota Cilegon, kata dia, ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama ikut serta berkontribusi pada pembangunan di Kota Cilegon. “Jangka panjangnya berbuat untuk Kota Cilegon. Peduli kepada Kota Cilegon, jangan diam aja. Yang punya waktu kasih waktu, yang punya uang kasih uang, yang punya tenaga kasih tenga, apa sajalah, yang penting peduli kepada Kota Cilegon. Harus punya kontribusi,” papar Jhoni menegaskan.

Untuk berkontribusi kepada daerah, menurutnya masyarakat tidak harus berbuat hal yang sulit. Masyarakat bisa membantu dengan hal-hal yang sederhana dan sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Misalnya menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Jhoni berharap semua masyarakat Kota Cilegon bisa ikut menghadiri acara tersebut. Selain deklarasi akan ada ceramah agama untuk menambah keimanan serta ketakwaan umat. Selain itu ceramah agama itu pun untuk menambah rasa cinta masyarakat terhadap negara. “Buat masyarakat yang datang saya imbau untuk membawa peralatan ibadah, topi atau payung untuk antisipasi panas pas siangnya,” ujarnya.

Sementara itu, di sela-sela persiapan, Ketua Panitia Tablig Akbar dan Deklarasi Persaudaraan Alumni 212 Kota Cilegon Iim Suwandi menambahkan, acara tablig akbar serta deklarasi ini bertujuan untuk menciptakan persatuan dari seluruh elemen yang ada di Kota Cilegon. “Mendukung pemerintah daerah, agar kita bisa menciptakan suasana damai, persatuan dan kesatuan,” ujarnya.

Selain salat Subuh berjamaan dan tablig akbar, rangkaian acara itu pun akan diisi dengan istigasah untuk mendoakan seluruh umat agar tercipta suasana yang aman, nyaman, dan tenteram. “Kami berharap masyarakat Kota Cilegon bisa lebih mencintai ulama, kiai, dan guru mengaji. Mereka adalah orang yang sangat berjasa dalam membentuk karakter kepribadian umat,” jelasnya.

Panitia menurut Wandi, sudah mempersiapkan segala keperluan acara, termasuk berkoordinasi dengan seluruh pihak seperti pemerintah, Polres, dan Kodim Kota Cilegon. “Sarana dan prasarana sudah kita siapkan, untuk wudu, tempat parkir kendaraan ada di parkiran kantor DPRD, Pemkot Cilegon, di depan Kodim juga bisa, segalanya sudah kita siapkan,” ujarnya. (Bayu M/RBG)