Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat meninjau Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Sabtu (11/5).

CILEGON – Jelang arus mudik Lebaran tahun ini, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Sabtu (11/5).

Menhub tiba di Kota Cilegon menggunakan helikopter milik Basarnas sekira pukul 7.30 WIB. Dia mendarat di Pelabuhan Indah Kiat. Perjalanan dilanjutkan menggunakan bus menuju Terminal Eksekutif Merak Sosoro.

Sekira pukul 08.00 WIB, rombongan menteri tiba di terminal yang berada di Dermaga VI tersebut. Bersama Direktur PT ASDP Indonesia Ferry Ira Puspa Dewi dan sejumlah pejabat Kemenhub, Menhub menuju salah satu ruang pertemuan di lantai dua Terminal Eksekutif Merak Sosoro.

Di ruangan itu, Menhub terlihat mendengarkan paparan dari sejumlah stakeholder seperti Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD), Polda Banten, dan PT ASDP Indonesia Ferry.

Usai pertemuan, Menhub menuturkan, untuk mempercepat arus mudik akan digunakan kapal-kapal berukuran besar dan cepat. “Selain itu kita pun akan gunakan sisten online untuk pembelian tiket dan akan memberikan insentif bagi yang melakukan perjalanan bukan di hari puncak,” paparnya. (Bayu Mulyana)