Persiapan Mengunjungi Borobudur agar Liburan Maksimal

Candi Borobudur

JIKA kamu memiliki rencana berkunjung dan berjalan-jalan ke Candi Borobudur, tentu saja waktu kamu menikmati segala penjuru kompleks candi Borobudur hanya bisa kamu lakukan dari pagi hingga sore hari. Untuk memaksimalkan waktu liburan di Borobudur dan bisa memaksimalkan waktu liburanmu untuk mengeksplorasi berbagai sudut di sekitar Borobudur, tentu kamu harus melakukan persiapan yang baik dan tepat. Jangan sampai liburanmu di Borobudur menjadi tidak berkesan karena kamu salah memperhitungkan persiapannya.

Berikut ini persiapan yang bisa kamu lakukan agar liburanmu di Candi Borobudur menyisakan kesan mendalam :

1. Datang Pagi atau Menjelang Senja

Bangunan candi merupakan tujuan utama dari perjalananmu di kompleks ini. Selain keagungan dan keindahan dari mahakarya arsitektur masa lalu, kompleks candi Borobudur sangatlah luas untuk dieksplorasi. Kamu tentu tidak ingin melewatkan  keindahan dan fasilitas yang ditawarkan di dalam kompleks candi ini. Pagi hari adalah waktu terbaik bila kamu berencana menikmati dan berjalan-jalan di dalam area Borobudur Park. Dengan demikian kamu memiliki banyak waktu untuk mengelilingi seluruh kompleks.

Bila kamu hanya berencana hanya untuk naik ke atas candi, akan lebih baik bila kamu datang agak sore, sekitar pukul 14.30. Pada waktu ini kamu bisa maksimal berkeliling bangunan candi, serta bila kamu beruntung bisa mendapatkan pemandangan mentari senja. Perlu kamu ingat bahwa kompleks candi akan ditutup pada pukul 17.00.  Jadi sebaiknya jangan datang terlalu dekat dengan jam tutup operasional. Untuk masuk kompleks candi, kamu akan dikenakan biaya tiket candi Borobudur sekitar Rp40.000 per orang.

2. Siapkan Sun-block

Di area bangunan candi tentu kamu akan kesulitan menemukan tempat berteduh. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menghindari naik candi pada tengah hari. Pilihan terbaik adalah pagi atau sore hari. Kendati demikian, ada baiknya kamu tetap mempersiapkan diri dengan menggunakan sunblock. Dengan demikian kamu bisa melindungi kulit dari sinar UV.

3. Berkelompok dan Bawa Pemandu

Wisata di Taman Wisata Candi Borobudur tidak lengkap bila kamu tidak ikut mempelajari berbagai informasi terkait kompleks candi dan sejarahnya. Kamu bisa menyewa pemandu yang bisa kamu temui di sekitar area penjualan tiket. Namun jika kamu keberatan dengan harganya, kamu bisa iseng mengajak pengunjung lain untuk bersama-sama membayar dan berkelompok agar bisa mempergunakan jasa pemandu tersebut.

Jika kamu datang dalam kelompok besar, atau untuk kebutuhan studi kamu bisa mendapatkan harga khusus. Tiket candi borobudur untuk kelompok minimal 20 orang hanya dikenakan sekitar Rp. 20.000 saja. Tiket khusus ini diperuntukkan bagi kelompok mahasiswa atau pelajar yang membawa surat pengantar dari lembaga pendidikan terkait.

4. Hindari Akhir Pekan

Di akhir pekan, terutama hari Sabtu dan Minggu, tingkat kunjungan Candi Borobudur sangatlah tinggi. Hal ini tentu membuatmu tidak bisa menikmati candi secara bebas dan maksimal. Kemacetan kendaraan yang didominasi oleh bus sudah biasa menumpuk jauh sebelum memasuki area parkir. Bisa dibayangkan banyaknya orang yang berada di dalam kompleks candi. Oleh karena itu, jika memungkinkan datanglah di tengah pekan. Kendati tidak semua wahana dibuka untuk umum, namun kamu akan merasa lebih nyaman berjalan-jalan di area candi.

5. Dokumentasi Maksimal

Kompleks Taman Wisata Candi Borobudur tentu menjadi daya tarik yang patut diabadikan. Pastikan kamu membawa peralatan fotografi yang bisa memenuhi seleramu. Kamu bisa berburu berbagai macam jenis fotografi di sini, mulai dari foto lanskap, foto human interest, fotografi arsitektur, hingga sekadar swafoto. Dengan berbagai daya tarik dan objek foto, tentu kamu sudah tahu peralatan fotografi apa yang harus kamu bawa. Siapkan uang lebih untuk membayar tiket candi borobudur khusus untuk kamera, baik kamera fotografi maupun videografi profesional, termasuk DSLR. Jangan merasa sayang mengeluarkan uang lebih, sebab hal itu akan terbayar dengan hasil foto yang bisa kamu dapatkan di sini.

6. Atur Alokasi Waktu

Selain kompleks candi, Borobudur juga menawarkan keindahan alam di luar kompleks candi. Jika kamu tidak memiliki banyak waktu liburan, pastikan kamu membuat alokasi waktu liburan serta daftar tempat-tempat di sekitar Borobudur yang ingin kamu kunjungi.  Kamu bisa menghabiskan waktu sejak fajar dengan menikmati Borobudur bermandikan mentari dari atas puncak Bukit Rhema atau Punthuk Setumbu. Selanjutnya kamu bisa berjalan-jalan atau berkeliling dari satu desa ke desa lain di sekitar Borobudur yang menawarkan keindahan alam yang asri. Selanjutnya menjelang sore, saatnya menikmati Candi dari dekat. Setelah turun sebelum gelap, kamu bisa menikmati waktu istirahat untuk makan malam maupun sekadar bersantai di kedai kopi maupun restoran di luar kompleks candi.