Atlet gulat Kabupaten Serang latihan untuk persiapan menghadapi Porprov V Banten 2018 di Sasana Gulat Serang, Ciceri, Kota Serang, Senin (5/2).

SERANG – Pengurus Cabang (Pengcab) Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) Kabupaten Serang secara intensif menggelar pelatihan jelang menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V Banten 2018 pada November mendatang di Kabupaten Tangerang. Pada porprov nanti, PGSI Kabupaten Serang akan menerjunkan 25 pegulat terbaiknya, yang terdiri atas 20 pegulat putra dan lima pegulat putri.

Pelatih Gulat Kabupaten Serang Susana Hasna Toha mengatakan, ke-25 pegulat yang disiapkan pihaknya terus digembleng setiap hari untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan bertanding. “Kami rutin menggelar latihan setiap hari, pagi dan sore. Saat ini kami fokus pada strategi dan penguatan fisik masing-masing atlet,” kata Susana saat memimpin jalannya latihan atlet gulat Kabupaten Serang di Sasana Gulat Serang, Ciceri, Kota Serang, Senin (5/2).

Susana menambahkan, mengingat persaingan pada cabang olahraga (cabor) gulat di porprov nanti sangat ketat, pihaknya juga terus menambah menu latihan. “Kita tidak pungkiri kualitas pegulat dari kota kabupaten lain juga terus meningkat. Kalau porsi latihan dikurangi, bisa turun kualitas atlet kami nanti. Cabor gulat tidak sama dengan cabor lain yang dalam waktu singkat sudah bisa mengembalikan kualitas atletnya pada performa terbaik. Gulat butuh proses dan waktu yang panjang agar atlet kembali ke penampilan terbaiknya. Libur dua atau tiga hari saja, gerakan atlet sudah mulai kaku. Kami terus menambah menu latihan seperti biasanya jadwal latihan fisik satu jam, sekarang kami naikkan menjadi dua jam,” imbuhnya.

Pada porprov nanti, pihaknya enggan muluk-muluk dalam urusan target. Yang terpenting baginya adalah pegulat binaannya bisa meraih kemenangan di setiap pertandingan. “Target kami semaksimal mungkin saja. Tidak ada jumlah keping medali yang menjadi target. Yang penting menang di setiap games,” ungkap Susana.

Salah satu atlet andalan Kabupaten Serang Rendi Koswara optimistis, mampu menyumbang medali bagi kontingen Kabupaten Serang pada porprov nanti. “Insya Allah, apa yang saya harapkan bisa terwujud. Mohon doanya saja agar kami mampu mempersembahkan medali untuk kontingen Kabupaten Serang,” ujarnya.

Wakil Ketua KONI Kabupaten Serang Yana Suryana berharap, cabor gulat bisa menjadi salah satu lumbung medali bagi kontingen Kabupaten Serang pada Poprov V Banten 2018. “Pengalaman yang sudah-sudah selain cabor panahan, cabor gulat merupakan salah satu cabor andalan kami. Untuk itu, kami meminta tim pelatih dan atlet gulat bisa berbuat banyak dan memberi andil yang sangat besar untuk kontingen Kabupaten Serang,” ucapnya.

Bila melihat potensi yang ada, atlet gulat Kabupaten Serang diyakini Suryana, akan mampu berbicara banyak di porprov nanti. “Paling saingannya pegulat Kota Serang. Kami sangat optimistis cabor gulat mampu meraih prestasi. Itu sangat beralasan karena pembinaan gulat di Kabupaten Serang terus bergeliat dan melahirkan pegulat-pegulat andal. Bahkan, beberapa pegulat pelajar kami terjaring masuk ke tim gulat PPLP Banten,” tuturnya. (Andre Ap/RBG)