Persiapan RT 01 Cowe Kigede Semakin Matang

TAKTAKAN – Persiapan RT 01 RW 02, Lingkungan Cowe Kigede, Kelurahan Sepang, Kecamatan Taktakan, menuju penilaian tahap dua semakin matang. Ini karena warganya semangat. Partisipasi mereka untuk memberikan yang terbaik bagi lingkungannya, tidak diragukan.

Puluhan pot tanaman dari ban bekas yang sudah dicat warna-warni memanf masih tersusun di depan pekarangan rumah warga. Pagar bambu pun sudah rapi. Sudah dicat dan tinggal dipasang. Dua pekan terakhir, warga mengerjakannya setiap malam hari.

Ketua RT 01 Sarmadi mengatakan, pot dan pagar akan langsung dipasang setelah catnya benar-benar kering. Ini dilakukan untuk menjaga agar hasil pengecatan tetap rapi.

“Setiap malam, kita kumpul bikin pagar. Alhamdulillah, partispasi warga sangat besar,” kata Sarmadi kepada Radar Banten, Selasa (23/6).

Warga RT ini tidak hanya memberikan bantuan tenaga. Mereka sukarela memberikan iuran untuk membiayai penataan lingkungannya. Sehingga, kebutuhan pembelian ban bekas dan bambu bisa terpenuhi. “Kita juga sudah memesan bibit tanaman,” jelas Sarmadi.

Pagar bambu sepanjang 300 meter akan dipasang pada pekan ini. Sementara, tanaman akan ditanam di pot dan dipasang di pinggir jalan pada pertengahan Juli 2020. Sehingga, tanaman diharapkan masih segar saat tim juri Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang datang untuk melakukan penilaian tahap dua, Agustus mendatang.

“Kita bakal pasang tanaman cabai, tomat, terong, dan beberapa jenis tanaman bunga,” ujar Sarmadi.

Legalitas pembentukan kelompok pemuda penggerak lingkungan dan kelompok penggerak sadar hukum di RT ini memang belum ada. Menurut Sarmadi, pihaknya sedang mengurusnya di Kelurahan Sepang.

“Alat keamanan pos ronda sudah lengkap. Kita targetkan, semuanya akan selesai akhir Juli,” tandasnya.

Lurah Sepang Haeruji mengaku, sejak awal sudah menjelaskan kepada warga kalau LRLA adalah lomba dari warga untuk warga. Jika lingkungannya bagus, yang menerima manfaatnya pun warga.

“Alhamdulillah, kesadaran warga sudah terbentuk sejak awal,” kata Haeruji. (mg06/don)