Persiapan RW 01 Malangnengah Baru Dimulai

0
257 views

KRAGILAN – Warga mulai mempersiapkan kampungnya, RW 01, Kampung Malangnengah, Desa Sukajadi, Kecamatan Kragilan. Mereka gotong royong membuat pagar dari bambu untuk mengganti pagar yang sudah rusak.

“Kami baru mulai gotong royong, karena dari desa ngasih kabar (tentang Lomba Kampung Bersih dan Aman /LKBA Kabupaten Serang 2020-red) juga mendadak. Dari semalam, pembuatan pagar masih berlanjut sampai sekarang,” kata Uci Sanusi yang ditunjuk sebagai penggerak warga Kampung Malangnengah pada Selasa (13/10).

Kampung ini dinilai memiliki kelebihan. Yakni, kekompakan warganya untuk bergotong royong demi kampungnya.

RW 01 bukan peserta baru di LKBA. Tahun 2019 lalu, kampung ini ikut bersaing dengan RW lain. Makanya, warga bertekad untuk meningkatkan hasil penataan kampungnya. Bukan hanya menghijaukan kampungnya dengan tanaman bermacam jenis dan tanaman bunga. Warga akan menambah tampilan kampungnya dengan membuat apotek hidup dan kebun sayur.

“(LKBA-red) tahun lalu, kami dapat dua kategori. Salah satunya kampung berbunga. Untuk tahun ini, apotek hidup dan sayuran akan kami tingkatkan,” jelas Uci.

“Pagar kami ganti semua, sudah banyak yang lapuk. Catnya juga akan kami ganti, makanya kami membuat pagar baru,” tambah Uci.

Dari segi keamanan, persyaratan administrasi berupa dokumen pengesahan pembantukan kelompok sadar hukum RW 01 juga harus dipenuhi. “Kelompoknya sudah ada, cuma belum diajukan ke desa untuk di-SK-kan sama kades. Nanti kami akan lengkapi,” ucap Ketua RT 04 RW 01 Zainal Arifin menambahkan.

Sekretaris Desa Sukajadi Ahmad Juhdi menjelaskan bahwa di desanya ada empat RW yang akan mengikuti LKBA 2020. Namun, baru dua RW yang sudah bersiap menghadapi penilaian. Yang akan dilaksanakan Oktober ini.

“Kalau prioritas kami tidak ada. Semua (RW-red) prioritas,” tandas Juhdi. (rio/don)