Persiapan RW 02 Dilanjutkan

0
455 views

BINUANG – Penataan lingkungan RW 02, Kampung Pesantren, Desa/Kecamatan Binuang, kembali dilanjutkan. Warga telah merampungkan pembuatan taman bermain dan tempat pembuangan sampah.

“Tempat pembuangan sampah akhir sudah kami buat, jadi sekarang kami bisa fokus untuk menata yang lainnya. Berbeda dengan tahun lalu, tahun ini, di Kampung Pesantren ada beberapa peningkatan seperti TPA dan taman bermain anak,” jelas Ketua RT 03 RW 02 Rumli.

Pengecatan untuk memperindah kampung, jelas Rumli, tidak banyak dilakukan warga. Di Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang tahun ini, warga lebih fokus menata kampung dengan penghijauan. “Yang kami kejar itu kampung hijaunya,” ungkapnya.

Babinsa Binuang Sertu Sabar Widodo menilai, kesadaran warga Kampung Pesantren terhadap lingkungannya mulai tumbuh. Penilaiannya ini didasarkan pada antusiasme warga untuk swadaya menata kampung. Warga iuran untuk membeli bambu hingga membeli cat.

“Tahun ini, warga Kampung Pesantren lebih semangat lagi. Sekarang di setiap rumah sudah disediakan tempat sampah. TPA juga sudah selesai mereka buat,” tambah Sabar.

Beberapa saran dari juri LKBA saat penilaian tahap pertama, lanjut Sabar, juga sudah mulai dilengkapi. Di antaranya, legalitas kelompok penggerak lingkungan dan kelompok sadar hukum. (rio/don)