Persiapan RW 02 Masih Sederhana

0
474 views

KRAMATWATU – Seperti saat mengikuti Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2019, persiapan RW 02, Kampung Sindang Jaya, Desa Tonjong, Kecamatan Kramatwatu, tetap sederhana. Pos ronda RT 04 dan RT 05 di RW ini juga masih kosong. Belum dilengkapi alat keamanan.

Di LKBA 2020, warga RW 02 hanya mengecat jalan dengan gambar tokoh kartun di tengahnya. Kemudian, sedikit menempatkan pot tanaman di satu lokasi. Yakni, di pinggir jalan dekat gapura.

Ketua Karang Taruna Desa Tonjong Fajri mengakui jika penataan lingkungan RW 02 kurang maksimal. Pekerjaan mayoritas warga kampung ini yang karyawan pabrik menjadi alasan.

Menurut Fajri, hal itu membuat warga sulit digerakkan untuk kerja bakti menata kampungnya. Sebab, pasa saat hari libur seperti Sabtu dan Minggu, warga RW 02 lebih memanfaatkannya untuk istirahat bersama keluarga.

“Jadi konsepnya masih sama kayak (mengikuti LKBA-red) tahun lalu. Soalnya pada bingung mau dibikin apa lagi lingkungannya,” kata Fajri kepada Radar Banten, Selasa (17/11).

Fajri juga mengaku kesulitan mengajak warga untuk membenahi pos ronda. Warga hanya mengecat pos ronda dengan warna merah dan putih. Tetapi tidak melengkapi peralatan keamanannya.

“Ada jadwal rondanya, tapi belum dipasang,” ujarnya.

Ketua RT 04 Arma beralasan, belum melakukan penghijauan karena khawatir tanaman akan dimakan kambing. “Tahun lalu kan begitu. Dari awal (tanaman-red) sudah dipajang, eh pas mau penilaian, udah habis. Pada mati dimakan kambing,” tukasnya.

Tanaman untuk penghijauan, menurut Arma, masih disimpan di dalam rumah masing-masing warga. Dua hari menjelang penilaian tahap dua, baru dikeluarkan.

“Itu strategi kami biar tanaman tetap bagus,” pungkas Arma. (mg06/don)