Persiapan RW 05 Pegadingan Permai Memasuki Tahap Akhir

0
402 views

KRAMATWATU – Persiapan RW 05, Kampung Pegadingan Permai, Kecamatan Kramatwatu, sebelum penilaian tahap pertama Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020 akan berakhir. Warga membersihkan selokan dan akan melakukan penghijauan sebelum kampungnya dikunjungi oleh juri.

Saat Radar Banten mengunjungi kampung yang mirip dengan kompleks perumahan ini, Jumat (6/11) siang, lingkungannya sudah bersih. Tak ada sampah plastik yang berserakan. Hanya rumput liar saja yang banyak tumbuh di pinggir jalan dan menutup selokan.

Ketua RW 05 Waluyo mengatakan, gotong royong warganya itu karena selokan di lingkungannya ada yang rusak dan tertutup oleh rumput. Warga pun menambal tembok selokan dan membersihkan rumput, meskipun kampung ini tak pernah kebanjiran. ”Makanya, sebelum dikomentarin juri, kita harus sudah bersihkan,” katanya.

Bukan cuma itu, menurut Waluyo, warganya juga berswadaya untuk menata kampung. Iuran warga itu digunakan untuk pengecatan, membuat taman bermain anak, serta melakukan penanaman pohon di sepanjang jalan.

”Tapi yang baru dimulai nih pengecatan di dinding rumah,” ujarnya.

Di sisa waktu yang ada, warga RW 05 juga akan melanjutkan kegiatannya dengan menghiasi jalan paving block dengan lukisan tiga dimensi (3-D). Penghijauan, bakal dilakukan warga pada Sabtu (7/11) dan Minggu (8/11) ini.

“Tanamannya sudah kita pesan di pedagang tanaman hias, tinggal ditanam aja,” jelas Waluyo.

Kepala Desa Pegadingan Permai Samsudin menargetkan, RW 05 menjadi kampung percontohan untuk kampung lainn di desanya. Sebab, kekompakan warga RW 05 sangat tinggi. ”Kekompakannya harus dicontoh,” ujarnya.

Samsudin berharap, lingkungan RW 05 menjadi lebih bersih, indah, dan aman. Karenanya, ia menargetkan kampung ini meraih juara LKBA 2020.

”Semoga juri bakal puas dengan hasil penataan warga,” pungkas Samsudin. (mg06/don)