Persita Turun Dua Tingkat

TANGERANG – Pekan ketiga Liga 1 2020 telah bergulir. Persita Tangerang yang gagal memetik poin di kandang Persikabo Bogor harus turun dua tingkat dari posisi klasemen sementara. Dari posisi 12 kini menempati urutan ke-14.

Dari tiga laga yang dilakoni, diketahui Persita baru mengoleksi dua poin. Hasil itu didapat dari menahan imbang Bali United dan PSM Makasar. Sementara pemuncak klasemen dihuni oleh Persib Bandung yang sukses memenangkan tiga laga keseluruhan. Kemudian Persela menjadi tim paling buncit dengan nol poin.

Minggu (15/3) malam, menjadi kekalahan perdana bagi Persita. Pertandingan yang berlangsung di Stadion Pakansari Bogor itu berakhir dengan skor 3-1 untuk kemenangan Persikabo. Satu-satunya gol Persita dicetak oleh pemain yang baru bergabung yaitu Raphael Maitimo di menit ke-83.

Sejak awal laga, sebenarnya Pendekar Cisadane julukan bagi pemain Persita tampil menguasai permainan. Banyak peluang di menit awal yang tercipta, tetapi tak satupun menjadi gol. Pada menit kedua, Edo sudah mencoba menerobos gawang Persikabo meski masih terlalu lemah.

Namun di antara usaha dan peluang yang tercipta, Pendekar Cisadane justru dikagetkan dengan gol cepat striker Persikabo Alex Dos Santos pada menit ke-7 dari proses counter attack. Skor berubah 1-0.

Setelah kebobolan, peluang Persita tidak berkurang. Malah semakin menjadi. Salah satunya sekitar menit ke-14 saat Ade Jantra berhadapan langsung dengan kiper, tetapi bola yang ditendangnya masih melambung ke atas mistar gawang. Kesempatan emas kembali melayang.

Persikabo sebaliknya, meski minim peluang, namun mahir memanfaatkan counter attack yang berubah jadi serangan yang berbahaya. Beberapa kali pula setelahnya pemain Persita mendapatkan kembali peluang demi peluang, namun tak membuahkan hasil. Hingga turun minum, skor tetap 1-0 untuk keunggulan Persikabo.

Memasuki babak kedua, Persita berbenah. Riky Kayame ditarik keluar digantikan Sirvi Arvani demi memberkuat daya gedor. Lagi dan lagi, peluang banyak tercipta. Namun proses bangunan serangan dan taktikal Persita lagi-lagi harus buyar saat gol kedua Persikabo tercipta di menit ke-55 yang dicetak gelandang Alves Fereira.

Ketinggalan dua gol, terlihat Persita mulai kewalahan dan frustasi karena dari sekian banyaknya peluang, malah harus kebobolan dua gol. Bahkan pada menit ke-69, usai kemelut di depan gawang Persikabo, gol Persita sempat tercipta, meski akhirnya dianulir karena off side.

Di babak ke-89, Persita kembali mengubah taktik dan strategi. Samsul Arif ditarik keluar, Syaeful Anwar masuk dan Hamka maju ke lini depan demi mempertajam serangan. Persikabo, di lain pihak, tetap bermain tertutup dengan pertahanan yang sangat rapat.

Kebuntuan Persita akhirnya berakhir saat Raphael Maitimo mencetak gol di menit ke-83. Gol yang sedikit mengangkat moral dan semangat Pendekar Cisadane, meski akhirnya harus kembali menelan pil pahit karena berselang semenit, striker Persikabo Salviq Escobar kembali membobol gawang Persita.

Hingga menit-menit akhir pun, kedua tim tak mengendurkan serangan. Namun skor bertahan 3-1 hingga peluit akhir dibunyikan.

Pelatih Persita, Widodo Cahyono Putro mengatakan, permainan Persikabo yang cenderung tertutup dengan lini pertahanan yang rapat menyulitkan anak asuhnya yang diinstruksikan bermain terbuka.

“Selamat buat Tira Persikabo yang telah memenangkan pertandingan. Siapa yang bisa memanfaatkan peluang, dia yang bisa memenangkan pertandingan. Ternyata Tira Persikabo bisa memanfaatkan peluang,” kata Widodo.

Widodo tetap mengapresiasi kerja keras anak asuhnya di lapangan. Hasil tidak memuaskan tersebut akan menjadi bahan evaluasi selanjutnya. “Kita tetap main terbuka dan kita memang dari awal juga terus menekan. Kerja keras pemain saya apresiasi mudah-mudahan ke depan akan lebih baik lagi,” ungkap Widodo.

Setelah pertandingan pekan ketiga ini, kompetisi akan dihentikan sejenak hingga awal April. Jika masih sesuai dengan jadwal, Persita akan kembali ke Tangerang dan bersiap menjamu tim tamu Persib Bandung di laga kandang pekan keempat Shopee Liga 1 2020, Minggu, 5 April mendatang. (rbs/ibm)