Persita vs Persela: Kans Poin Perdana

TANGERANG – Persita Tangerang tak gentar menghadapi Persela Lamongan pada laga perdana Grup E Piala Presiden, Senin (4/3) sore. Tim kasta kedua kompetisi nasional itu cukup optimistis meraih poin perdana dari pertandingan sore ini yang digelar di Stadion Kanjuruhan, Malang.

“Bukan menganggap remeh kekuatan Persela, tapi kami tahu Persela juga baru melakukan persiapan. Jadi, kekuatan kami tidak berbeda jauh dengan mereka. Beda dengan Arema dan Barito Putera yang kami tahu persiapannya sudah cukup matang,” beber I Nyoman Suryanthara, Manajer Persita, Minggu (3/3).

Keyakinan Nyoman juga didasari pada kenyataan Laskar Joko Tingkir baru menyeleksi pemain asingnya. Keempat pemain asing yang direkrut diyakini belum beradaptasi secara baik dengan pemain lokal.

Selain itu, kekuatan Persita semakin baik dengan tampil kompaknya pemain skuat lama dengan pemain baru. Setidaknya, itu diperlihatkan saat menang 15-0 atas kesebelasan Angkasa Pura pada laga uji coba sebelum berangkat ke Malang.

“Saya tidak melihat jumlah golnya pada pertandingan kemarin, tapi saya melihat semangat dan intensitas permainan yang ditampilkan pemain. Semua gol terjadi lewat proses dan variasi serangan yang berbeda, ini yang saya nilai tim ini akan tampil positif lawan Persela,” tukas Nyoman.

Keyakinan serupa diungkapkan Asisten Pelatih Persita Wiganda Saputra. Pelatih yang dipercaya menukangi Muhammad Roby cs selama Pelatih Kepala Widodo Cahyono Putro (WCP) mengikuti lisensi pelatih Pro AFC, tinggal membenahi kelemahan di lini depan agar semakin tajam.

Ya, Persita jelang laga sore ini dipastikan tidak akan diperkuat top skorer Tim Ungu musim lalu, Aldi Al Achya dan Qischil Gandrum Minny. Persita akan mengandalkan Diego Banowo sebagai penggedor pertahanan lawan yang dilapis oleh Azka Fauzi dan Chandra Waskito.

“Persita hanya memiliki Diego di lini depan yang kondisi cederanya baru pulih, kami tidak punya pelapis. Tapi, saya senang karena punya beberapa pemain yang punya naluri membuat gol yang sama baiknya dengan seorang striker, jadi punya beberapa variasi di lini depan,” beber Wiganda.

Berdasarkan kondisi lini depan, Wiganda berusaha menciptakan variasi lain untuk bisa membobol gawang lawan. Kekuatan lini tengah menjadi tumpuan membuat gol. Pemain berpengalaman Egi Melgiansyah, Ade Jantra dan Amarzukih jadi harapan.

“Ketiganya sangat bisa diandalkan selain untuk melayani striker juga untuk membuat gol,” ulas Wiganda.

Persita bakal tampil ofensif pada laga sore ini. Strategi itu diterapkan lantaran lini belakang bakal dikawal M Roby, Rio Ramandika, Muhammad Toha atau Habibi, dan Jeki Arisandi. Sementara pada posisi penjaga gawang, Persita memiliki dua kiper anyar Persita Annas Fitrianto dan Syaiful Syamsudin sebagai cadangan Yogi.

“Bahkan yang saya tahu Mukti (Ali Raja, asisten pelatih kiper) bingung menentukan siapa yang akan menjadi kiper utama di antara keduanya,” katanya. (APW/Merwanda)