Persyaratan Administrasi Belum Dilengkapi RT 001 Cipocokmasjid

0
311 views

CIPOCOK JAYA – Juri Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 terpikat dengan kebersihan dan penghijauan di RT 001 RW 001, Lingkungan Cipocokmasjid, Kelurahan/Kecamatan Cipocok Jaya. Namun, lingkungan ini belum bisa memenuhi persyaratan administrasi sesuai kriteria lomba.

Kebersihan lingkungan kampung ini bisa dilihat dari kondisi jalannya. Dengan konstruksi paving block sepanjang sekira 400 meter dan lebar tiga meter, tidak ditemukan sampah plastik.

Di kanan-kiri jalan, di rumah-rumah penduduknya, dihiasi pot tanaman. Jalanannya pun dicat warna-warni.

Anggota Tim 11 Juri LRLA Machron Chairulfallah mengatakan, berbagai jenis tanaman seperti bunga, sayur, dan tanaman obat keluarga tumbuh segar dan dirawat dengan baik. ”Ada peningkatan soal penghijauan. Asri banget,” kata juri perwakilan dari Forum Kota Serang Sehat itu kepada Radar Banten, Senin (7/9).

Menurutnya, kebersihan RT 001 ini menandakan warganya konsisten menjaga lingkungannya sejak penilaian tahap pertama. Perubahan perilaku warga ini dampak dari edukasi tidak membuang sampah sembarangan. Warga juga telah bekerja sama dengan pihak ketiga untuk pembuangan sampah.

”Pengangkutannya seminggu tiga kali,” jelas Machron.

Permohonan pengesahan kelompok pemuda penggerak lingkungan dan kelompok sadar hukum RT 001, ungkap Machron, sebenarnya telah disampaikan kepada pihak Pemerintah Kelurahan Cipocok Jaya. Namun, belum dipenuhi. Alasan pihak kelurahan, belum ada dasar hukum yang jelas tentang kedua kelompok tersebut.

”Padahal, kami sudah imbau agar segera dibuat SK-nya, tapi malah enggak dibikin,” tukas Machron.

Aiptu Juwedi menyayangkan, pembentukan kelompok sadar hukum RT 001 belum disahkan oleh Lurah Cipocok Jaya. Padahal, semua alat keamanan pos ronda  telah lengkap.

”Sayang banget, padahal penataan fisiknya hampir sempurna. Tanpa SK, ya nilainya akan rendah,” tandas juri perwakilan dari Polres Serang Kota itu.

Ketua RT 001 Abdul Kudus mengakui jika pemenuhan persyaratan administrasi itu terhambat di Pemerintah Kelurahan Cipocok Jaya. Namun, ia tak menyesal. Baginya, kekompakan warga yang sudah muncul berkat LRLA menjadi hal terpenting.

”Urusan juara atau tidak, itu sih soal lain. Yang penting warga semangat dan kompak,” seru Kudus. (mg06/don)