Persyaratan Administrasi Jadi Catatan Juri

0
296 views

JAWILAN – Hasil penataan lingkungan RW 02, Kampung Ciawet Curug Kuda, Desa Majasari, Kecamatan Jawilan, belum bisa memenuhi semua kriteria penilaian. Juri Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020 menyatakan, kampung ini belum bisa memenuhi persyaratan administrasi.

Semangat warga RW 02 untuk bersaing dengan RW lain di Kabupaten Serang dapat terlihat dari sambutannya kepada tiga orang juri yang tergabung dalam Tim 10. Kesenian ketimpringan dan atraksi pencak silat ditampilkan warga ketika tim juri datang di kampung untuk melakukan penilaian tahap pertama, Senin (9/11). Acara penyambutan juri ini tetap menerapkan protokol kesehatan.

Di kampung ini, warga telah mendekorasi jalan paving block dan tembok-tembok rumah dan pagar dengan pengecatan. Dan, hampir di setiap rumah warga dilengkapi tanaman.

Di ujung kampung ini, taman bermain anak belum bisa dirampungkan oleh warga. Kendati demikian, anak-anak telah memanfaatkan beberapa wahana permainan yang telah terpasang.

Nasir, salah satu juri, menilai bahwa secara garis besar, penataan lingkungan RW ini yang dilakukan warga selama tiga pekan, sudah cukup bagus. “Tapi persyaratan administrasinya belum dilengkapi, seperti SK (surat keputusan dari kepala desa-red) pemuda penggerak lingkungan dan SK kelompok sadar hukum. Tinggal dari kepala desa untuk melengkapinya. Di kampung ini juga masih ada beberapa lahan kosong yang sebenarnya bisa dimanfaatkan,” ujarnya.

Juri perwakilan dari unsur kepolisian, Iptu Sutikno, menambahkan bahwa keamanan lingkungan RW 02 cukup terjaga. Ia menyatakan, selama satu tahun terakhir, tidak ada kasus tindak pidana di kampung ini.

Kendati demikian, kampung ini masih belum bisa memenuhi semua kriteria penilaian dari sisi keamanan. Peralatan keamanan di pos rondanya belum lengkap.

“Apar (alat pemadam api ringan-red) belum ada. Buku mutasi ada, tapi masih kosong,” jelas Sutikno.

Kepala Desa Majasari Suherman mengaku bersyukur karena kekurangan RW 02 tidak banyak. Makanya, ia akan berkoordinasi dengan pengurus RW dan RT untuk melengkapi kekurangan tersebut sebelum penilaian tahap dua dilaksanakan pada awal Desember mendatang. (rio/don)