Pertama Kali Naik Pesawat? Jangan Takut, Simak Tips Berikut

0
32833
Sumber: pennmedicine.org

Travelling tentu menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan. Tak heran, jika banyak orang yang menjadikan travelling sebagai salah satu hobi mereka. Dengan melakukan travelling, Anda bisa melepas penat serta sejenak tak memikirkan rutinitas sehari-hari yang memusingkan. Terlebih jika Anda travelling dengan mengunjungi daerah yang berada jauh dari tempat tinggal. Agar perjalanan travelling Anda bisa lebih menghemat waktu dan tak terlalu lama di jalan, bepergian menggunakan pesawat terbang bisa jadi pilihan yang terbaik.

Sekalipun melakukan perjalanan travelling ke negara lain, Anda tak membutuhkan waktu yang terlalu lama, lho. Hal ini tentu akan sangat berbeda jika Anda memilih perjalanan dengan menggunakan jalur darat atau laut. Anda yang sudah tak sabar untuk segera tiba di negara tujuan, bisa langsung merancang sebuah perjalanan menggunakan pesawat.

Menariknya, kini beli tiket pesawat tak harus dengan mengunjungi bandara secara langsung, lho. Kecanggihan teknologi memungkinkan Anda untuk memesan tiket pesawat secara online melalui perangkat smartphone, tablet, atau laptop. Cukup buka situs penjualan online, dan pilih tanggal serta destinasi tujuan Anda. Dalam hitungan detik, akan langsung muncul berbagai macam jenis tiket pesawat yang bisa Anda beli. Cara ini tentu akan sangat mudah dan praktis. Khususnya bagi Anda yang memang memiliki banyak aktivitas padat.

Tak hanya bisa membuat proses pembelian tiket lebih cepat, Anda juga bisa mendapatkan harga tiket pesawat yang lebih murah, lho. Hal ini ditunjang berkat banyaknya promo serta diskon spesial yang ditawarkan oleh situs pembelian tiket. Promo tersebut tentu membuat Anda bisa melakukan liburan dengan bujet yang lebih murah.

Meski menawarkan perjalanan yang super cepat, sayangnya masih ada orang yang takut untuk bepergian dengan menggunakan pesawat. Apakah Anda juga salah satunya? Jika iya, yuk simak tips naik pesawat untuk pertama kalinya berikut ini.

Beli Tiket Jauh-Jauh Hari

Agar tak kehabisan tiket dan rencana liburan Anda berantakan, sebaiknya Anda membeli tiket pesawat jauh-jauh hari. Namun, hal ini perlu dilakukan dengan persiapan yang matang. Anda harus menentukan tanggal yang benar-benar pas. Jika sudah, atur jadwal cuti di tanggal yang Anda tentukan tersebut. Pastikan Anda sudah mengantongi izin cuti sebelum akhirnya membeli tiket pesawat. Jika segala persiapan sudah matang, kenapa tidak Anda segera membeli tiket sekalipun perjalanan baru akan dilakukan beberapa bulan ke depan.

Di sisi lain, membeli tiket pesawat jauh-jauh hari juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan harga tiket yang lebih murah, lho. Risiko akan kehabisan tiket pun tidak akan Anda alami. Mengingat ini merupakan perjalanan naik pesawat pertama Anda, akan lebih baik jika Anda tak melakukan perjalanan travelling seorang diri. Setelah tiket berhasil dipesan, check seluruh informasi yang ada di dalam tiket secara detail. Mulai dari nama lengkap penumpang, nomor identitas, tanggal serta jam keberangkatan, hingga lokasi bandara keberangkatan.

Cari Tahu Peraturan Bagasi Maskapai

Setiap maskapai penerbangan tentu memiliki peraturan yang berbeda satu sama lain, hal ini juga berlaku pada ketentuan kapasitas bagasi yang bisa dibawa. Cari tahu berapa ukuran serta bobot dari bagasi kabin yang diperbolehkan oleh maskapai. Cek apakah tiket yang Anda beli sudah dilengkapi dengan layanan gratis bagasi kabin. Jika tidak, tentu Anda perlu menyiapkan bujet tambahan saat akan membawa bagasi dengan jumlah yang sangat banyak. Agar biaya bagasi yang Anda keluarkan tidak terlalu banyak, cukup bawa bagasi secukupnya saja, ya.

Jangan Membawa Benda Terlarang

Perlu diketahui bahwa bagasi yang Anda bawa tidak boleh dilengkapi dengan benda terlarang, seperti benda tajam. Diantaranya seperti pisau, gunting, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, benda dengan aroma yang sangat tajam seperti durian pun dilarang, lho di bandara. Hal ini tentu berhubungan dengan tingkat kenyamanan penumpang lainnya. Tapi ingat, aturan barang bawaan ini juga berbeda di setiap maskapai. Pastikan, Anda mengetahui apa saja benda yang dilarang.

Tiba di Bandara Lebih Awal

Jam keberangkatan menjadi hal yang perlu Anda ingat dan perhatikan dengan baik. Agar perjalanan Anda bisa lebih nyaman, sebaiknya Anda tiba di bandara dua hingga tiga jam lebih awal. Keberangkatan lebih awal ini juga sebagai antisipasi dari kemacetan lalu lintas. Tak hanya itu, semakin cepat Anda datang, antrian di loket check-in pun tidak akan terlalu panjang, bukan? Untuk itu, jangan sekali-kali datang dengan waktu yang mepet atau bahkan terlambat, ya. Ingat, pesawat tidak akan menunggu Anda yang sudah berada di pintu bandara sekalipun.

Persiapkan Kartu Identitas dan Tiket

Hal pertama yang perlu Anda lakukan saat tiba di bandara yakni mempersiapkan kartu identitas dan juga tiket pesawat. Tiket disini tak melulu berupa hard copy, namun juga bisa soft copy. Tunjukkan kedua berkas tersebut pada petugas di bandara serta saat melakukan security check. Pada tahap pengecekan ini, Anda harus meletakkan seluruh aksesori yang digunakan pada sebuah tray bin. Mulai dari tas, jam tangan, ikat pinggang, perhiasan, jaket, hingga gadget. Seluruh barang bawaan Anda tersebut akan melakukan proses screening atau pengecekan, ada tidaknya batang berbahaya yang dibawa.

Sebagai orang yang pertama kali bepergian dengan menggunakan pesawat, beberapa dari Anda tentu akan merasa was-was saat menghadapi security check ini. Namun, selama Anda tak membawa benda yang berbahaya, tahapan satu ini tak perlu Anda takutkan. Untuk memudahkan proses security check ini, letakkan semua gadget serta aksesori yang Anda gunakan langsung di dalam satu tas. Dengan begitu, tahapan security check akan berlangsung dengan lebih cepat.

Lakukan Check-In

Setelah berhasil lolos pada tahapan security check, kini saatnya Anda untuk melakukan check-in. Datangi loket check-in yang memang sesuai dengan maskapai pilihan Anda. Seperti saat masuk ke bandara pertama kali, Anda juga perlu menunjukkan kartu identitas serta reservasi tiket secara lengkap saat melakukan check-in. Mengingat kedua berkas ini sangat penting, pastikan Anda menyimpannya di tas kecil yang mudah untuk dijangkau, ya.

Selain bisa dilakukan secara langsung di bandara, Anda juga bisa melakukan proses check-in secara online, lho. Cara ini tentu sangat cocok bagi Anda yang malas untuk mengantri dan tiba di bandara terlalu dekat dengan waktu keberangkatan. Proses check-in online ini bisa dilakukan dengan mengunjungi website resmi maskapai penerbangan. Boarding pass akan langsung Anda dapatkan setelah berhasil melakukan check-in. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan oleh Anda yang tak membawa barang bawaan untuk di bagasi.

Daftarkan Barang Bawaan ke Bagasi

Saat melakukan check-in secara langsung di loket, informasikan kepada petugas jika Anda ingin memasukkan barang bawaan ke bagasi. Selanjutnya, Anda akan diarahkan menuju tempat untuk pendaftaran. Pada tahap ini, berapa bobot bawang bawaan Anda akan langsung dihitung. Jika melebihi bobot yang diberikan, bersiaplah untuk membayar biaya tambahan. Jika sudah, petugas akan langsung menempelkan sebuah barcode pada barang bawaan milik Anda. Adanya barcode inilah yang membuat Anda tak perlu khawatir jika barang bawaan hilang atau tertukar saat disimpan dalam bagasi.

Duduk Manis di Ruang Tunggu

Sembari menunggu jam keberangkatan pesawat, Anda bisa duduk manis di Ruang Tunggu yang telah disediakan oleh bandara. Umumnya beberapa bandara akan menyediakan beberapa fasilitas di ruangan yang satu ini. Diantaranya seperti pendingin ruangan, tempat charging, tempat isi ulang air minum, dan masih banyak lagi. Agar tak merasa bosan selama menunggu, lakukan hal yang Anda sukai, mulai dari mendengarkan musik, bermain game, membaca buku, atau sekedar scroll media sosial.

Namun, apapun hal yang Anda lakukan nantinya di Ruang Tunggu. Pastikan Anda tetap menyimpan keadaan sekitar dan mendengarkan setiap informasi yang disampaikan maskapai, ya. Beberapa informasi yang mungkin Anda dengar diantaranya seperti keterlambatan keberangkatan pesawat atau delay, jam keberangkatan yang maju, hingga perpindahan gate. Tetaplah aware dengan setiap informasinya, ya.

Masuk ke Dalam Pesawat

Jika waktunya sudah tiba, kini saatnya Anda bersiap untuk masuk ke dalam kabin pesawat. Sebelum masuk, Anda perlu menunjukkan kartu identitas beserta dengan boarding pass. Anda juga akan kembali melalui tahapan pemeriksaan sebelum akhirnya bisa masuk ke dalam pesawat. Cek informasi yang ada di dalam boarding pass untuk mengetahui di mana bangku penerbangan milik Anda.

Sebelum duduk, Anda bisa langsung meletakkan barang bawaan ke dalam bagasi kabin yang ada di bagian atas tempat duduk. Jangan terlalu lama dalam meletakkan bagasi kabin agar tak membuat kemacetan di dalam pesawat. Hal tersebut juga bisa mengganggu kenyamanan penumpang lain. Cukup letakkan barang bawaan yang besar di atas kabin, dan simpan barang penting serta tas berukuran kecil di bawah kursi pesawat.

Perhatikan Instruksi Awak Kabin

Sebelum pesawat diberangkatkan, awak kabin akan terlebih dahulu menyampaikan instruksi keselamatan kepada para penumpang. Tahapan ini, Anda akan mengetahui bagaimana cara mengenakan sabuk pengaman, memasang masker oksigen, hingga di mana letak pelampung berada. Informasi tersebut bertujuan untuk mengantisipasi apabila terjadi hal tak diinginkan saat penerbangan.

Setelah sabuk pengaman sudah terpasang dengan baik, jangan lupa untuk juga matikan smartphone Anda. Seperti yang diketahui, mematikan smartphone menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan saat berada dalam pesawat. Pasalnya, smartphone yang masih dalam kondisi menyala bisa mengganggu keselamatan para penumpang beserta awak kabin lainnya. Jika tak ingin mematikannya, cukup ubah smartphone menjadi mode flight atau pesawat.

Tetap Tenang dan Jangan Panik

Sebagai orang yang baru pertama kali menaiki pesawat, wajar rasanya jika Anda akan merasa sedikit panik. Khususnya pada saat pesawat akan mendarat atau lepas landas. Meski begitu, usahakan untuk tetap tenang dan kurangi kepanikan Anda. Jangan lupa berdoa untuk membuat Anda merasa lebih tenang. Pikirkan betapa indahnya perjalanan travelling Anda nantinya untuk megura kepanikan Anda.

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar bisa merasa tenang saat naik pesawat. Praktekkan setiap tipsnya dengan baik dan nikmati perjalanan naik pesawat terbaik pertama Anda!