Pertambangan di Puloampel Disegel

0
343 views

SERANG – Perusahaan tambang di Kecamatan Puloampel, Kabupaten Serang, PT Pasir Angin Jaya Mandiri disegel oleh Polda Banten. Perusahaan tersebut belum memiliki izin pertambangan yang lengkap.

Sebelumnya, Polda Banten melakukan operasi pertambangan tanpa izin (PETI) di sejumlah perusahaan pertambangan di Kecamatan Puloampel, Rabu (31/7). Hasilnya, dua perusahaan direkomendasikan untuk menghentikan kegiatan pertambangannya.

Yakni, PT Pasir Angin Jaya Mandiri dan PT Alfa Granitama. PT Pasir Angin Jaya Mandiri digaris polisi karena belum memiliki izin lengkap. Sementara, PT Alfa Granitama hanya memiliki foto kopian berkas perizinan dan diminta untuk menghentikan kegiatan pertambangannya sebelum menunjukan berkas perizinan aslinya.

Pantauan di lokasi, di PT Pasir Angin tidak ada aktivitas kegiatan pertambangan. Namun, di PT Alfa Granitama aktivitas perusahaan masih berjalan normal.

Security PT Pasir Angin Jaya Mandiri yang enggan disebutkan namanya membenarkan adanya pemeriksaan dari Polda Banten. Garis polisi tersebut dipasang pada Rabu (31/7) sore sekitar pukul 17.00 WIB. “Iya bos juga udah tau, tadi juga ada yang mau kerja enggak boleh dulu takut ada apa-apa,” katanya.

Sementara, Manajer PT Alfa Granitama Aditya yang dikonfirmasi melalui sambungan telepon seluler mengaku sudah mengantongi izin lengkap. Ia juga mengaku aktivitas pertambangan masih dilakukan secara normal. “Alfa ada izin. Kemarin copyan (foto copy berkas perizinan-red) juga sudah kita serahkan ke polda. Kegiatan masih normal, diminta untuk menunjukkan IUP (Izin Usaha Pertambangan-red) asli,” ujarnya. (Rozak)