Pertamina Bangun Jalur Evakuasi Tsunami di Merak

0
729 views

CILEGON – PT Pertamina membangun jalur evakuasi di Lingkungan Baru, Kelurahan Lebak Gede, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon. Jalur evakuasi itu berakhir di ketinggian 30 meter di atas permukaan laut.

Terminal Manager LPG PT Pertamina Tanjung Sekong Dharmanto Hadi menjelaskan, pembangunan jalur evakuasi tsunami di Lingkungan Baru tersebut merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan yang berdiri di pesisir Pulomerak tersebut.

Hadi menjelaskan, tahun lalu, Banten dihebohkan oleh bencana tsunami akibat erupsi Gunung Anak Krakatau (GAK). Sebagai daerah pesisir, masyarakat di Kota Cilegon salah satunya Lebak Gede mengungsi ke atas perbukitan untuk menghindari bencana tersebut.

Namun, tidak adanya akses jalan yang layak membuat warga pada saat tersebut alami kesulitan untuk mengungsi ke dataran yang lebih tinggi.

“Karena itu, sesuai dengan keinginan masyarakat, kami bangun jalur evakuasi agar masyarakat bisa lebih cepat naik ke titik aman,” ujar Dharmanto, Rabu (5/2)

Sementara itu, Ketua RW 06 Lingkungan Baru II, Kelurahan Lebak Gede Suparman menjelaskan, untuk mencapai titik evakuasi, tiga jalur evakuasi dibangun dengan total panjang 540 meter dengan lebar 1,5 meter. Pembangunan jalur tersebut menelan biaya Rp100 juta. Anggaran tersebut diperoleh dari PT Pertamina. 

Menurutnya, sebelum jalur evakuasi dibangun, masyarakat harus mendaki bukit tanpa akses yang memadai dan layak. Saat musim hujan, kondisi akses berupa tanah merah sangat licin dan berbahaya bagi warga.

“Pengalaman waktu tsunami kemarin sampe ada yang jatuh ibu-ibu. Kita bangun ini konsepnya hanya cari tempat aman yang cepat,” ujarnya. (Bayu Mulyana)