Perum Jamkrindo Gelar Pasar Murah dan Santunan

Jamkrindo
Kepala Jamkrindo Kanca Serang Iwan Hermawan menyerahkan paket sembako pasar murah, Jumat (24/6). (Foto: Susi K)

SERANG – Perum Jamkrindo, yang merupakan badan usaha milik negara (BUMN), menggelar kegiatan pasar murah dan santunan kepada anak yatim pada Jumat (24/6). Perum Jamkrindo Kanca Serang melakukan serangkaian kegiatan pasar murah di Lingkungan Kelurahan Cipare, Kota Serang, dan santunan di Panti Asuhan Jauharutussalam.

Kegiatan ini serentak di 25 kabupaten kota sebagai bagian dari kegiatan yang dicanangkan Kementerian BUMN. “Ini merupakan program dalam rangka menyambut Idul Fitri dan tindak lanjut kegiatan ‘BUMN Hadir untuk Negeri’,” kata Kepala Jamkrindo Kanca Serang Iwan Hermawan.

Sebagai bentuk kepedulian kepada sesama, Perum Jamkrindo ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan pasar murah berupa paket sembako murah yang dijual Rp25.000 dengan harga sembako senilai Rp150.000 dan santunan anak yatim. “Hasil penjualan sembako murah tersebut untuk disumbangkan kepada rumah ibadah setempat,” katanya.

Acara pemberian sembako murah dan santunan yang digelar Perum Jamkrindo dilakukan di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jambi, Bengkulu, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur. Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Maluku, NTB, NTT Sulawesi  Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara.

Perum Jamkrindo adalah BUMN yang bergerak di industri penjaminan dan memiliki peranan penting dalam membantu UMKMK untuk mengakses permodalan kepada lembaga keuangan, baik bank maupun nonbank. Dengan begini, UMKMK dapat secara maksimal meningkatkan dan mengembangkan usahanya.

Undang-Undang No 1/2016 tentang Penjaminan sebagai payung hukum bagi usaha penjaminan, yang mencakup penjaminan kredit/pembiayaan, pinjaman koperasi, kredit/pinjaman program kemitraan BUMN (PKBL), penjaminan atas surat hutang, pembelian barang, penjaminan pembelian barang secara angsuran, penjaminan transaksi dagang, penjaminan pengadaan barang dan/atau jasa (surety bond), penjaminan bank garansi (kontra bank garansi), penjaminan surat kredit berdokumen dalam negeri, penjaminan letter of credit, penjaminan kepabeanan (customs bond), penjaminan cukai, pemberian jasa konsultan manajemen terkait dengan kegiatan usaha penjaminan, dan kegiatan usaha lainnya setelah mendapat persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan. (Susi K/Radar Banten)