Perusahan Sebut Bendera Merah Putih Bertuliskan Mandarin Bendera Resmi Perusahaan

0
495 views

SERANG – Pihak PT Kenda Rubber Indonesia berkilah jika pengibaran bendera merah putih dengan tulisan bahasa Mandarin dibagian warna putih sebagai bentuk pelecehan terhadap lambang negara Indonesia. Pihak perusahaan asal Tiongkok tersebut mengungkapkan bendera yang dikibarkan merupakan bendera resmi perusahaan.

Hal tersebut dijelaskan oleh Kapolres Kabupaten Serang AKBP Nunung Syaifuddin. Menurut Nunung, keterangan tersebut diperoleh setelah pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap manajemen perusahaan yang berlokasi di Jalan Raya Cikande-Rangkasbitung KM 05 Kampung Kareo Tegal, Desa Kareo, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang tersebut.

“Tapi memang dari hasil temuan kita, warna merah dominan dan warna putihnya pun tidak lurus tapi berbentuk L, dari jauh memang tidak terlalu terlihat, tapi kalau dari dekat terlihat,” ujar Nunung saat ditemui hari ini di Mapolres Kabupaten Serang, Jumat (27/1).

Menurutnya, masih dari keterangan manajemen, di negara asalnya PT Kenda Rubber menggunakan bendera tersebut. “Di sini yang dikibarkan tiga bendera, tengah bendera merah putih kiri kanannya bendera perusahaan itu dan bendera safety,” ujarnya.

Kendati seperti itu, untuk lebih meyakinkan jika tindakan tersebut tidak melanggar hukum,  Polres Kabupaten Serang akan menghadirkan saksi ahli pidana dari Universitas Indonesia.

Untuk diketahui, beberapa hari yang lalu publik diramaikan dengan pengibaran bendera yang dinilai sebagai bentuk penghinaan lambang negara berupa bendera merah putih yang bertulisan Kenda pada warna merah dan tulisan Mandarin yang berarti sama yaitu Kenda pada warna putihnya.

Bendera tersebut telah dikibarkan di atas tiang depan gerbang perusahaan sejak tanggal 7 Januari 2017 lalu. Namun setelah mendapatkan protes dari masyarakat dan didatangi unsur Muspika Jawilan, bendera tersebut telah diturunkan kemarin (25/1) dan diamankan oleh Polsek Jawilan. (Bayu)