Perut Jangan Buncit! ASN Diharapkan Jadi Contoh Pola Hidup Sehat

0
78

CILEGON – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Selasa (23/5). Dalam kampanye ini Dinkes Cilegon menekankan kepada aparatur sipil negara (ASN) untuk menjadi contoh penerapan pola hidup sehat bagi masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon dr Ariadna menyebutkan, memiliki jasmani dan rohani yang sehat merupakan hak semua masyarakat. Namun demikian, dalam menjaga kesehatan itu menjadi tanggung jawab bagi setiap warga.

“Kita akan lakukan pemeriksaan kesehatan kepada ASN. Karena ASN itu menjadi contoh bagi masyarakat. Agar semua pegawai tidak kolesterol, tidak ada lagi yang perutnya buncit,” ujarnya.

Kata Ariadna, Germas merupakan program pembangungan kesehatan nasional yang wajib diterapkan di setiap daerah. “Jadi memang sangat dianjurkan oleh masyarakat untuk mengecek kesehatannya minimal dalam 6 bulan sekali,” tuturnya.

Penerapan pola hidup sehat, Ariadna menjelaskan, bisa dilakukan oleh masyarakat baik dalam segi asupan makanan, menjaga kebersihan lingkungan dan olahraga secara teratur. “Olahraga latihan fisik itu minimal 30 menit perharinya. Kalau asupan pangan perbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Jangan merokok dan minum-minuman yang beralkohol,” ucapnya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)