Pesawat Aviat Husky milik KONI DKI Jakarta yang mendarat darurat di areal persawahan Desa Carangrejo, Sampung, Ponorogo, Minggu (13/8). (Latiful Habibi/Radar Ponorogo)

Warga Desa Carangrejo, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo dibuat geger Minggu (13/8) siang kemarin. Pasalnya sebuah pesawat tiba – tiba mendarat di areal persawahan desa setempat.

Kejadian tak lazim ini sontak membuat warga kaget bukan kepalang. Pun sejumlah tanya menggantung di pikiran mereka. Unutk memuaskan rasa penasaran,warga berbondong – bondong menuju lokasi pendaratan pesawat.

Kapolres Ponorogo AKBP Suryo Sudarmadi menerangkan jika pesawat tersebut jenis Aviat Husky milik KONI DKI Jakarta. Menurut rencana, tujuan pesawat dengan baling baling tunggal ke Teluk Pacitan setelah lepas landas dari Bandara Pondok Cabe Tangerang.

Cuaca buruk memaksa pesawat batal landing. Sukandar, pilot pesawat, sempat mengarahkan pesawat berputar – putar di wilayah udara Pacitan sebelum akhirnya memutuskan tujuan ke Solo untuk mengisi bahan bakar.

‘’ Pilot mengetahui lampu indikator bahan bakar menyala. Itu menunjukkan bahwa bahan bakar menipis. Akhirnya memutuskan ke Solo. Saat melintas di wilayah udara Ponorogo, terpaksa melakukan pendaratan darurat di areal persawahan, diduga kehabisan bahan bakar,’’ terang Kapolres Ponorogo AKBP Suryo Sudarmadi.

Meski melakukan pendaratan darurat, lanjut Suryo, pilot dan co-pilot selamat dan tidak mengalami luka. Pesawat buatan tahun 1992 yang mendarat di areal persawahan juga tidak mengalami kerusakan.

‘Pesawatnya juga tidak apa-apa, tidak ada yang rusak,’’ tambahnya.

(mn/tif/sib/JPR)