Peselancar Banten Raih Perak di Johor International Regatta 2018

Atlet layar putri Banten, Ratiah (kiri), sukses meraih medali perak pada kejuaraan Johor International Regatta 2018, Minggu (22/4) sore.

SERANG Dominasi peselancar Negeri Jiran tak terbantahkan. Itu dibuktikan pada gelaran Johor International Regatta 2018, Malaysia. Ratiah peselancar asal Banten yang wakil Indonesia, hanya mampu menyabet medali perak di nomor spesialisnya RS-One.

Ya, pada ajang yang berakhir Minggu (22/4) lalu, Ratiah harus mengakui ketangguhan atlet tuan rumah Geh Cheow Lin yang meraih podium utama. Ratiah mengumpulkan nilai kesalahan 25, sementara Lin mengemas nilai kesalahan 17 dari sembilan race yang dilangsungkan.

Selain Ratiah, peselancar asal Banten lainnya, yakni Dexy Priany yang turun di nomor Expoir Under 22, hanya mampu finis di peringkat keempat. Dexy nyaris  menempati posisi ketiga. Namun sayang, ia selih satu poin dari peringkat ketiga yang menjadi milik atlet layar Malaysia, Ahmad Danish bin Abdul Hadi Kame.

Ketua Pengprov Porlasi Banten Asep Yusuf Syahrir mengaku kecewa dengan raihan tersebut. “Kami sebenarnya kurang puas karena seharusnya Ratiah bisa meraih medali emas,” ungkapnya.

Meski muncul kekecewaan, tetapi Asep mengakui adanya peningkatan yang cukup signifikan dari sisi penguasaan alat. “Sedang Dexy seharusnya dapat juara ketiga, itu karena start-nya kurang baik,” kata Asep, Senin (23/4).

Asep menambahkan, hasil yang diraih Ratiah cs akan menjadi bahan evaluasi Pengprov Porlasi Banten untuk menjadi acuan mempersiapkan atlet menuju Pra-PON 2019.

“Kalau dilihat, hasil Dexy tampil cukup bagus. Dexy kan tidak tampil di nomor andalannya. Ini jadi bahan evaluasi karena setelah juara di India Open dan Singapore Open beberapa waktu lalu, semestinya dia bisa juara di Malaysia,” timpalnya.

Pelatih Layar Banten Joko Sulistiyo menyatakan, hasil yang diraih Ratiah dan Dexy cukup memuaskan. ”Hasil ini juga secara otomatis memberi gambaran terbaik untuk menghitung kekuatan Banten pada PON XX Papua 2020. (dre/ful/ira/RBG)