Sekitar 200 pengendara sepeda melakukan unjuk rasa di pusat kota Sydney menentang aturan baru yang memaksa semua pengendara sepeda membawa kartu identitas.

Rombongan pengunjuk rasa ini berkumpul di luar gedung Parlemen New South Wales di Macquarie Street, beberapa diantaranya membawa kartun besar seperti KTP sebagai tanda penentangan atas peraturan yang akan mulai diberlakukan 1 Maret.

Para pesepeda ini mengatakan aturan baru tersebut terlalu mengekang, dan mengatakan alasan untuk meningkatkan keamanan hanya digunakan sebagai alasan.

Dalam aturan baru tersebut, pengendara sepeda yang tidak membawa kartu identitas dikenai denda $ 106, denda tidak menggunakan helm akan naik menjadi $ 319, dan menerobos lampu mereka akan naik menjadi $ 425.

Pengendara mobil juga akan terkena denda bila mereka tidak memastikan jarak tertentu dengan pengendara sepeda.

Hari Selasa, koalisi pengendara sepeda menyerahkan petisi online yang berisi lebih dari 10 ribu tandatangan ke gedung parlemen.

Namun direktur eksekutif Bicycle NSW Ray Rice mengatakan kantor Menteri Utama NSW tidak mengirimkan wakil ke Parlemen untuk menerima petisi.