SERANG-Jelang tampil di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V Banten 2018, November mendatang di Kabupaten Tangerang, cabang olahraga (cabor) pencak silat Kabupaten Serang mulai fokus melakukan persiapan. Saat ini, pesilat yang akan turun di porprov nanti sedang menjalani desentralisasi pelatihan di beberapa tempat, di antaranya Pamarayan dan Kramatwatu.

    Pelatih Silat Kabupaten Serang Asep Hidayatullah mengatakan, saat ini atlet sedang menjalani latihan seperti biasa dan kembali ke persiapan umum. Setelah melewati persiapan umum, fokus latihan lebih kepada perbaikan teknik.

    “Kami tetap melakukan persiapan sedini mungkin meski program pemusatan pelatihan kabupaten (pelatkab) belum digulirkan. Kami berkewajiban menyiapkan atlet-atlet terbaik untuk menghadapi porprov dan merusaha mempersembahkan prestasi terbaik bagi Kabupaten Serang. Saat ini kami tengah memasuki periode umum yang lebih banyak mengulas dan memperbaiki skill atlet,” kata Asep kepada Radar Banten, Kamis (7/6) siang.

    Asep menambahkan, untuk memantau kesiapan atlet, pihaknya akan menjadwalkan beberapa kali tryout ke luar daerah. Namun, rencana program tersebut akan dikembalikan ke KONI Kabupaten Serang. “Kan yang mengatur anggaran KONI, kita hanya menyiapkan program. Kalau diizinkan kami akan mengagendakan beberapa kali tryout sebelum tampil di porprov nanti. Atlet butuh pemanasan sebelum tampil di event resmi. Selain itu, ajang tryout juga bermanfaat untuk kami tim pelatih melakukan evaluasi,” imbuhnya.

    Persiapan harus dilakukan semaksimal mungkin karena persiapan yang baik akan menghasilkan prestasi memuaskan. “Kalau bicara target, kami tidak ingin muluk-muluk. Hanya saja, kami akan berjuang semaksimal mungkin mempersembahkan yang terbaik untuk kontingen. Insya Allah persiapan yang baik akan memberikan hasil yang baik pula,” tuturnya.

    Sementara itu, Ketua Pengcab IPSI Kabupaten Serang Yana Suryana mengatakan, meski pihaknya tidak mengusung target khusus, tetapi pesilat yang akan tampil di porprov nanti siap memberi yang terbaik bagi kontingen Kabupaten Serang.

    “Kami tidak ingin muluk-muluk. Kita lihat saja hasil akhirnya nanti. Yang jelas kami akan mempersembahkan yang terbaik bagi kontingen. Saat ini atlet yang kami siapkan terus ditempa dan digembleng. Insya Allah akan ada hasil memuaskan di porprov nanti,” ucapnya singkat. (dre/sr/ira)