Pesona Danau Cigaru: Bikin Wisatawan Enggan Pulang

Eksotisnya Telaga Biru atau Danau Cigaru dimanfaatkan sejumlah warga masyarakat dalam mengisi momen libur Lebaran bersama keluarga. Birunya air danau bekas galian pasir itu sontak menggoda mata, membuat wisatawan betah berlama-lama menikmati hamparan danau dan mencoba sejumlah spot foto untuk berselfie.

ADE MAULANA – CISOKA

BERADA persis di Desa Cisoka, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang. Lokasi wisata ini tak sulit untuk ditempuh, baik menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Lahan parkir yang cukup dan memadai siap menampung lonjakan wisatawan yang ingin menikmati hamparan birunya air Danau Cigaru.

Wisatawan yang datang juga bukan hanya dari sekitar Tangerang saja, namun dari kota lainnya juga berkunjung ke tempat ini. Ada yang dari Serang, Bogor bahkan dari luar kota seperti Bandung (Jawa Barat). Rata-rata mereka mengetahui pesona Danau Cigaru dari sejumlah akun media sosial seperti Instagram, Facebook dan Twitter yang memposting keindahan dan eksotisnya danau biru tersebut. Wisata ini juga menjadi viral di dunia maya akibat postingan-postingan oleh para netizen.

Masuk ke area wisata, wisatawan atau pengunjung langsung diperlihatkan hamparan air yang berwarna biru memantulkan sinar cahaya lengkap dengan gundukan pasir berwarna putih yang mengelilingi Danau Cigaru. Sejumlah lokasi berfoto juga menggoda wisatawan, seperti ayunan cinta ataupun perahu cinta yang disediakan warga setempat sebagai salah satu penunjang fasilitas Danau Cigaru.

Muhamad Toha (35), warga asal Bogor yang kebetulan sedang mudik ke rumah saudaranya di sekitar Cisoka, Kabupaten Tangerang tak segan memanfaatkan waktu libur berkunjung ke danau ini. ”Kebetulan lagi mudik ke sini, terus juga penasaran airnya beneran biru apa nggak. Ternyata nggak kecewa, air danaunya beneran biru. Sumpah keren habis tempatnya buat berfoto. Saya datang ke sini sama saudara sekalian liburan,” ujar Toha belum lama ini usai berfoto bersama istri dan anaknya.

Toha bercerita, untuk menikmati birunya Danau Cigaru ini pengunjung cukup mengeluarkan uang sebesar Rp5 ribu saja untuk parkir. Sedangkan untuk menikmati dan menyusuri keindahan Danau Cigaru, pengunjung dikenai tarif yang sama untuk satu wahana.

Sementara itu, keberadaan wisata Danau Cigaru juga menjadi berkah bagi warga sekitar, yakni ibarat ladang rezeki baru. Hal tersebut diungkapkan, Rohman penjaga pintu masuk wisata ini. Dia mengaku pendapatannya bertambah saat libur Lebaran seperti ini, bahkan menurutnya pengunjung melonjak hingga lebih dari 50 persen. ”Ramai banget dari kemarin dan meningkat dari hari libur biasa. Kalau hari libur biasa paling 150 kendaraan. Tapi hari ini saja tiket yang kita berikan pada pengunjung sudah habis sekitar 240 tiket,” ungkapnya. (*)